Faktor Penyebab Jerawat Yang Menyerang Orang Dewasa

Jerawat rupanya tidak hanya menjadi masalah bagi kaum remaja saja, tidak sedikit kaum dewasa yang belum terbebas dari serangan jerawat dan mereka bahkan susah mengatasi masalah ini walau sudah mengambil berbagai metode pengobatan dan terapi jerawat. Yang jadi banyak pertanyaan untuk itu adalah apakah faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat itu sendiri? Perlu diketahui bahwa di negara Amerika, dari total penderita jerawat yang sedang menjalani perawatan, sekitar 20 persennya masih dialami oleh orang dewasa, ternyata angka tersebut cukup besar dan menunjukkan bahwa jerawat juga tetap menjadi perhatian serius yang harus dihadapi oleh orang dewasa.

Faktor-faktor penyebab jerawat pada orang dewasa bisa bermacam-macam. berikut beberapa diantaranya:

Faktor Penyebab Jerawat Yang Menyerang Orang Dewasa

Faktor Penyebab Jerawat Yang Menyerang Orang Dewasa

– Keturunan

Jerawat bisa terjadi karena faktor keturunan. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga – bermasalah dengan jerawat, maka biasanya dirinya juga cenderung akan menghadapi masalah yang sama.

– Stress

Stress menempati posisi tertinggi sebagai pemicu timbulnya jerawat pada orang dewasa. Stress telah dianggap sebagai penyebab utama timbulnya jerawat pada usia dewasa / setelah usia pubertas. orang-orang yang hidup di kota besar memiliki resiko tinggi terkena stress, tekanan hidup yang berasal dari berbagai situasi seperti pekerjaan, kemacetan lalu lintas, pergaulan dan lainnya akan dengan mudah menyebabkan orang stress dan frustasi. Saat sedang stress, otak akan mengirimkan sinyal ke sistem syaraf pusat, lalu syaraf pusat akan langsung mengirim sinyal ke seluruh tubuh sebagai respon reaksi tanggapan dari otak dengan mengeluarkan hormon dari kelenjar adrenal, kelenjar sebasea juga memproduksi minyak berlebih sebagai reaksi dari stress. Aktifitas ini bisa menjadi penyebab komedo+jerawat jika orang yang mengalami tidak pandai menjaga kebersihan.

– Merokok

 Kebiasaan merokok pada orang dewasa dapat menghambat kemampuan kulit untuk melakukan regenerasi, racun-racun yang terkandung dalam asap rokok bisa menyumbat pori-pori, memicu pertumbuhan bakteri di pori-pori, membuat kulit semakin kusam dan tidak sehat sehingga berpotensi menimbulkan jerawat.

– Kopi

 Orang dewasa yang hobi minum kopi lebih berpotensi memiliki masalah dengan jerawat. Kandungan kafein dalam kopi yang diminum dapat meningkatkan produksi kortisol (hormon Stress), dengan ketidak seimbangan hormon maka resiko memiliki masalah dengan jerawat juga akan lebih besar.

– Kosmetik

 Banyak orang dewasa masih menggunakan kosmetik berbahan dasar minyak, ini sebenarnya kurang baik untuk pori-pori di kulit. Minyak yang terkandung di dalam kosmetik akan menjebak bakteri penyebab jerawat untuk hidup subur, menyumbat pori-pori, menjadi cikal bakal komedo, menyebabkan peradangan dan jerawat.

– Polusi

 Tingkat polusi tinggi di perkotaan dapat memicu iritasi di kulit, menghilangkan kelembaban kulit, membuat kulit jadi tidak sehat, kulit mudah mengendapkan kotoran sehingga rawan terserang jerawat.

Itulah faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat yang umumnya terjadi pada orang dewasa. Dari beberapa faktor-faktor di atas, kita bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya timbul jerawat, yang bisa kurangi terhadap pola hidup yang kurang sehat, dari faktor di atas tadi. Untuk hal lainnya, mungkin kita bisa melakukan pola hidup yang relax, sehingga kemungkinan tingkat stress nantinya akan menurun, bagaimana ? tentunya dengan cara hidup yang teratur dan tertata, sehingga dampaknya akan mengurangi tingkat stress nantinya. semoga bermanfaat artikel ini.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Faktor Penyebab Jerawat Yang Menyerang Orang Dewasa"