Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah Bagi Manusia

Jantung merupakan organ yang sangat ajaib berfungsi sangat vital untuk membantu kelangsungan hidup manusia. Fungsi jantung untuk manusia sangatlah besar dan tidak pernah berhenti, memompa aliran darah dengan sangat baik ke seluruh bagian tubuh selama hidup manusia. Organ vital ini hanyalah satu dengan dua pompa, bagian sebelah kanan dan bagian sebelah kiri.

Jantung yang ada di bagian kanan memiliki peran untuk menerima dari dari keseluruhan bagian tubuh untuk kemudian memompanya ke paru-paru dan dari situlah, darah akan meninggalkan muatan CO2 (karbon dioksida) dan menerima persediaan O2 (oksigen) yang jauh lebih bersih dan segar, baru kemudian meneruskan perintah ke jantung sebelah kiri dan jantung sebelah kiri secara otomatis akan memompa darah ke seluruh tubuh.

Fungsi Jantung Manusia

fungsi-jantung-manusiaJantung manusia melakukan pekerjaan yang sangat bervariasi, jantung akan berdenyut lebih dari 100.000 kali setiap harinya, secara terus menerus akan memompa darah melewati lebih dari enam puluh ribu mil pembuluh darah yang berukuran sangat kecil.

Fungsi jantung manusia yang sangat besar ini akan memengaruhi kinerja tubuh manusia, jika kondisi jantung tidak dalam kondisi terbaik maka seseorang akan mudah merasa lelah bahkan bisa mengalami serangan jantung.

Dinding-dinding jantung meliputi serat-serat otot kuat yang mana memiliki kekuatan untuk dapat berkontraksi (menguncup) atau berdenyut dengan irama yang baik. Denyutan berirama yang terjadi secara terus menerus akan memelihara kelangsungan peredarah darah.

Otot jantung merupakan sejenis otot lurik tidak sadar ditemukan di dinding jantung, tepatnya myocardium. Secara alami, otot jantung merupakan salah satu dari tiga jenis otot, yakni otot lurik dan otot polos. Sel-sel yang terdiri dari otot jantung bias disebut dengan cardiomyocte/sel otot myocardiocyteal yang mana berisi bisa satu, dua, tiga atau bahkan empat inti.

Fungsi Otot Jantung

Kontraksi yang terjadi terkoordinasi dengan baik dari sel otot jantung, jantung akan memompa darah dengan baik untuk dapat keluar dari serambi dan bilik untuk kemudian menuju ke pembuluh darah dari sebelah kiri/tubuh/sistematiak dan sebelah kanan/paru-paru.

Kegiatan yang terjadi secara kompleks ini akan membentuk sistol pada jantung. Fungsi otot jantung sangatlah vital, sel-sel pada otot jantung tidak jauh berbeda dengan semua jaringan yang ada di tubuh, memerlukan suplai darah yang cukup untuk dapat mengirim oksigen serta nutrisi dan juga untuk membuang produk sisa, misalnya CO2.

Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan bagian dari sistem sirkulasi bertugas untuk mengangkut darah menuju seluruh tubuh. Terdapat 3 jenis pembuluh darah, diantaranya ada arteri yang mana berperan untuk membawa darah dari jantung, ada juga kapiler yang berperan dengan baik sebagai tempat pertukaran air dan juga bahan kimia diantara darah dan jaringan tubuh, terkahir ada vena yang bertugas untuk membawa darah dari kapiler menuju ke jantung, dimana pembuluh darah terbesar merupakan aorta.

Fungsi jantung dan pembuluh darah untuk tubuh tentunya sangat besar. Walaupuan pembuluh-pembuluh kapiler hanya berukuran sepersepuluh inci, namun jika semua ujungnya disambung satu sama lainnya, maka ukurannya akan mencapai 2,5x lingkar bumi melalui khatulistiwa, agar tekanan tetap terjaga dengan baik dan sesuai, semua pembuluh darah ini harus diisi dengan darah dalam takaran yang sesuai, karena jika jumlah darahnya tidak sesuai, jaringan-jaringan yang ada di dalam tubuh akan mati.

Fungsi jantung tentunya sangatlah penting, karena jantung merupakan organ vital yang akan membantu kelangsungan hidup manusia, jika jantung mengalami gangguan, maka kelangsungan hidup manusia pun memiliki hambatan.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah Bagi Manusia"