Gejala Awal Sakit Jantung Lemah Pada Wanita

No comment 22223 views

Jantung adalah sekumpulan otot yang memiliki peran sangat penting bagi manusia, ukurannya tidak jauh berbeda dari sebesar kepalan tangan kanan. Fungsi jantung adalah untuk memompa darah yang mengangkut nutrisi serta oksigen ke semua sel yang membutuhkan energi dan membawa limbah-limbah sel tubuh.

Gangguan yang terjadi pada jantung, biasanya memiliki gejala yang serupa sehingga tidak jarang orang salah menafsirkannya, tidak terkecuali dengan gejala jantung lemah. Lemah jantung merupakan suatu keadaan di mana jantung seseorang tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau kemampuan jantung mengalami penurunan.

Jantung memiliki otot khusus, cara kerjanya atau kondisinya dipengaruhi oleh tekanan darah tubuh, apabila tekanan darah tinggi, secara otomatis kerja otot akan semakin tinggi. Tidak sama dengan otot tubuh lainnya, semakin besar otot jantung maka kemampuannya untuk melakukan tugasnya, yakni memompa darah akan semakin menurun.

Mengatasi otot jantung yang memiliki kekuatan lemah tidaklah mudah karena karakter otot jantung sangat berbeda dengan karakter otot tubuh lainnya, sehingga yang bisa kita lakukan adalam meningkatkan kekuatan jantung supaya cukup kuat untuk memompa darah dengan konsumsi obat-obatan. Berikut ini beberapa gejala lemah jantung.

Gejala Jantung Lemah Pada Wanita

gejala-jantung-lemah-pada-wanitaSesak napas

Gejala jantung lemah pada wanita maupun pria. Disaat jantung mulai lemah fungsinya, darah akan kembali masuk ke dalam pembuluh darah yang membawa oksigen dari paru-paru menuju ke jantung, sehingga mengakibatkan pernapasan terganggu bahkan seseorang akan mengalami sesak napas.

Gejalanya akan muncul sebagai sesak nafas yang berlangsung selama berolahraga maupun melakukan kegiatan lainnya. Apabila kondisinya memburuk, sesak napas dapat terjadi disaat seseorang sedang beristirahat atau tidur. Sesak napas yang akan dialami ini membuat tubuh Anda merasa lelah dan gusar.

Gejala Sakit Jantung Lemah

Kelelahan

Gejala sakit jantung lemah yang patut untuk Anda waspadai adalah kelelahan. Kelelahan biasa terjadi karena banyak faktor, entah karena terlalu banyak dan terlalu lama bekerja atau karena menjalankan aktivitas yang melelahkan. Namun kelelahan yang disebabkan oleh lemahnya jantung akan berbeda karakternya dengan kelelahan yang terjadi karena kurang beristirahat atau terlalu lama bekerja.

Ketika jantung menjadi makin lemah, maka jantung tidak akan mampu memompa darah yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sebagai kompensasinya, darah akan dialihkan dari bagian tubuh yang tidak begitu penting, seperti lengan dan kaki untuk kemudian dipasok ke daerah yang jauh lebih penting, seperti jantung dan otak. Maka dari itu, jantung seseorang yang lemah akan mengakibatkan orang tersebut sulit untuk menjalankan aktivitas dengan normal, seperti membawa beban yang berat atau berjalan naik tangga.

Gejala Awal Jantung Lemah

Batuk kronis

Gejala awal jantung lemah salah satunya adalah batuk kronis. Penumpukan cairan di dalam paru-paru akan menyebabkan batuk yang tidak bisa disembuhkan dengan mudah. Batuk yang dialami terkadang sampai mengeluarkan dahak maupun lendir yang terdapat darah di dalamnya.

Detak jantung yang cepat dan tidak beraturan

Pada dasarnya, jantung dapat mempercepat denyutannya agar dapat mengimbangi ketidakmampuannya untuk memompa darah menuju seluruh tubuh. Penderita akan merasakan jika debaran jantungnya lebih cepat bahkan sesekali berdetak tidak beraturan.

Nafsu makan berkurang

Gejala jantung lemah yang perlu diketahui adalah nafsu makan yang semakin lama semakin berkurang. Ketika hati serta sistem pencernaan telah bekerja keras akan tetapi gagal menerima pasokan darah yang sehat, akan mengakibatkan munculnya rasa kenyang atau rasa mual padahal penderita belum makan. Gangguan ini akan mengakibatkan seseorang mengalami penurunan berat badan dengan sangat cepat.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Gejala Awal Sakit Jantung Lemah Pada Wanita"