Gejala dan Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin E

No comment 7248 views

Vitamin E merupakan nutrisi yang penting dan dibutuhkan tubuh. Terdapat berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh memiliki perannya masing-masing. Tubuh yang sehat pastinya mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Namun bagaimana jika tubuh kekurangan suatu vitamin E. Salah satu gejala dan tanda tubuh kekurangan vitamin E adalah kinerja salah satu organ tubuh tidak optimal. Imbasnya dapat menimbulkan berbagai ragam gangguan atau masalah kesehatan.

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang juga sangat diperlukan tubuh. Vitamin ini termasuk ke dalam golongan vitamin yang mudah larut dalam lemak. Vitamin E diketahui bersifat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Dikenal sebagai vitamin esensial, sehingga vitamin E tidak dapat diproduksi oleh tubuh, melainkan harus didapatkan dari makanan.

Gejala dan Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin EBeberapa sumber vitamin E yang bisa didapatkan yakni pada makanan seperti buah-buahan, sayuran hijau, susu, dan telur. Atau kini sudah banyak suplemen vitamin e yang bisa didapatkan di toko-toko obat untuk memenuhi asupan vitamin E.

Vitamin E dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, diantaranya seperti melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah penyakit liver atau hati, mencegah keguguran pada wanita, mencegah penuaan dini hingga mencegah tubuh dari bahaya tumor dan kanker serta masih banyak lagi.

Gejala dan Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin E

Mengetahui begitu banyaknya manfaat vitamin E pada tubuh, maka jika mengingat kurangnya asupan vitamin E dalam tubuh tentu akan menimbulkan beragam gangguan atau masalah. Berikut beberapa tanda-tanda tubuh jika kekurangan vitamin E.

  • Kulit Kusam dan Kering

Vitamin E dianggap memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, kekurangan vitamin E sebagai kebutuhan asupan harian dapat menyebabkan masalah pada kulit yaitu hilangnya kelembabab kulit sehingga membuat kulit menjadi kusam dan kering.

  • Kulit Keriput

Tanda lainnya pada kulit saat kekurangan vitamin E yaitu kulit akan mengalami keriput. Bahkan kulit keriput ini terjadi lebih awal atau yang biasa lebih dikenal dengan penuaan dini. Hal ini terjadi karena vitamin E berperan juga dalam menjaga elastisitas kulit, sehingga saat tubuh kekurangan vitamin E memberikan pertanda dengan keriput yang muncul bisa disertai bersisik.

  • Otot Lemah

Tidak hanya pada kulit, tanda kekurangan vitamin E juga dapat dirasakan pada otot yang terasa lemah. Hal ini disebabkan karena kurangnya vitamin E dapat mengakibatkan kerusakan pada saraf dan otot. Sehingga gejala yang timbul yakni otot lemah terutama pada bagian betis, bahkan terkadang hingga kesulitan untuk berjalan.

  • Gangguan Penglihatan

Selain vitamin A yang dikenal baik untuk kesehatan mata, ternyata vitamin E juga memiliki peranan yang hampir sama. Kekurangan vitamin E juga dapat menimbulkan gejala atau tanda yakni gangguan pada penglihatan khususnya gangguan pada pergerakan mata.

  • Pusing dan Mata Berkunang-kunang

Gejala dan tanda tubuh kekurangan vitamin E dapat menimbulkan penyakit anemia, yaitu terasa pusing dan mata berkunang-kunang. Asupan vitamin E sangat rendah bisa menimbulkan anemia yang disebabkan pecahnya sel-sel darah merah.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Gejala dan Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin E"