Gejala-gejala awal penyakit lupus yang perlu anda ketahui saat ini

Pernahkan anda mendengar perihal penyakit lupus ini ?. Penyebaran penyakit lupus ini tidak begitu kentara alias sedikit di tengah masyarakat kita, sehingga tidak banyak yang begitu paham dan tahu tentang penyakit ini. Karena jenis penyakit lupus ini bukan jenis penyakit epidemic yang menular, sehingga secara umum penyakit inipun sedikit sekali yang menimpa di tengah-tengah masyarakat kita. Akan tetapi bukan berarti kita tidak harus mengetahui akan penyakit ini, karena bagaimanapun juga mengetahui sedini mungkin akan gejala suatu penyakit, akan memberikan preventif tindakan awal ketika Gejala-gejala awal penyakit lupus ini terjadi.

Penyakit lupus merupakan jenis penyakit Autoimun, dimana kondisi system imun tubuh yang seharusnya melindungi tubuh terhadap virus/bakteri yang masuk, berinterkasi terbalik dengan kondisi normal dan menyerang sendiri ke organ tubuh.

Gejala-gejala awal penyakit lupus yang perlu anda ketahui saat ini

Gejala-gejala awal penyakit lupus yang perlu anda ketahui

Berikut adalah gejal-gejala awal penyakit Penyakit Lupus / Lupus eritematosus sistemik (SLE) ini :

  • Discoid RashDiscoid Rash

Bentuk ruam di bagian kulit, yang umumnya bisa timbul pada bagian muka, leher, kaki serta kulit kepala, dan biasanya ruam ini tampak jelas di bagian pinggirnya dengan warna merah dan akan menimbulkan bekas luka nantinya.

  • Butterfly RashButterfly Rash

Ruam jenis ini timbul yang sering terjadi di bagian muka, mirip dengan penamaannya “Butterfly”.

  • Photosensitivity

Ruam-ruam ini akan timbul dan akan semakin parah bila terpapar sinar matahari secara langsung.

  • Oral ulcers

Umumnya gejala ini timbul pada rongga mulut, berupa sariawan yang terus menerus ataupun hilang timbul.

  • Serositis

Gejala ini mirip radang pada selaput paru-paru atau Pleuritis (Radang selaput paru), atau juga peradangan bisa terjadi pada area selaput jantung atau Pericarditis (peradangan pada selaput jantung), hal ini menimbulkan rasa nyeri ketika mengalami batuk atau ketika menarik napas panjang, dan kadang yang di alami adalah napas terasa pendek.

  • Arthritis (Radang sendi)

Gejala ini terjadi pada sendi-sendi tulang yang menimbulkan peradangan, memerah, rasa nyeri bahkan sampai kondisi bengkak di bagian persendian.

Kondisi yang terjadi pada ginjal, umumnya harus melalui pemeriksaan laboratorium dimana gejala yang tampak berupa di temukannya Protein dalam air kencing (proteinuria) atau endapan (sediments).

  • Kelainan dalam Darah

Kelainan pada darah meliputi :

– Hemolytic Anemia (anemia karena pecahnya sel darah merah)

– Low White Blood Cell counts (sel darah putih rendah)

– Low Platelet counts (platelet atau trombosit rendah)

  • Immunologic Disorders

Gejala ini berupa ganguan immunitas yang di cirikan dengan beberapa kondisi :

– sel LE Positif

– Anti-DNA: antibodi DNA asli dalam titer normal

– Anti-Sm: kehadiran antibodi terhadap antigen nuklir Sm

– Tes serologi positif palsu

– Tes penyerapan antibodi treponema fluoresen

  • Positif ANA (Antinuclear Antibodi)

Berupa tes pengujian Titer antibodi antinuklear abnormal dengan imunofluoresensi atau uji setara

  • Gangguan neurologis dan Psychosis

Penyakit lupus ini dapat menyerang system kerja otak maupun syaraf, sehingga kemungkinan yang terjadi adalah gangguan berupa halusinasi, sakit kepala dan juga kebingungan bahkan sampai kondisi kejang, dan hal ini berlaku untuk kondisi tidak mengkonsumsi obat-obatan yang bisa menimbulkan kondisi di atas.

Jika seseorang sudah memiliki minimal 4 kondisi akan Gejala-gejala awal penyakit lupus diatas, orang tersebut sudah di nyatakan positif dengan indikasi mengalami penyakit lupus tersebut. Tapi untuk indikasi-indikasi yang terjadi, lebih baik anda konsultasikan ke dokter kepercayaan anda, akan kondisi tersebut, karena bisa jadi analisa anda bisa lain dengan pandangan medis seorang dokter. Semoga bermanfaat.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Gejala-gejala awal penyakit lupus yang perlu anda ketahui saat ini"