Hal yang Perlu Diwaspadai Terkait Gejala Glukoma Mata

Glukoma Mata ialah gangguan penglihatan yang berupa penyakit syaraf optik yang dapat menyebabkan kerusakan secara fungsional dan anatomi pada mata. Glukoma sendiri merupakan salah satu jenis penyakit serius yang tidak dapat disepelekan. Pasalnya, gangguan tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada serabut saraf dari saraf optik. Ini merupakan saraf register karena menghubungkan ganglion retina menuju pusat penglihatan. Jika proses tersebut mengalami gangguan, maka akibatnya mata akan mengalami kebutaan. Oleh sebab itu, banyak hal terkait glukoma mata yang perlu diketahui oleh setiap orang agar dapat mencegah terindikasinya penyakit tersebut.

Glukoma mata

Hal pertama yang perlu diketahui mengenai penyakit glukoma ialah penyebab dari timbulnya penyakit tersebut. Penyebab glukoma ialah terjadinya peningkatan tekanan pada mata dengan kata lain dapat pula disebut sebagai tekanan intraokular di dalam mata. Peningkatan tekanan tersebut bisa disebabkan karena dua hal, yaitu peningkatan pada produksi cairan mata yang berlebihan dan juga terjadi gangguan atau halangan dalam proses pembuangan kelebihan cairan mata pada saluran tertentu. Kedua hal itu dapat menyebabkan terjadinya tekanan dan memicu penyakit glukoma. Tekanan tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerusakan serabut saraf retina (jaringan saraf) yang berfungsi untuk melapisi bagian belakang mata dan saraf optik yang berperan untuk menghubungkan mata ke otak. Penjelasan tersebut merupakan bagian dari glukoma mata yang perlu diketahui sejak awal.

Selain itu, ada pula ahli kesehatan yang mengatakan bahwa tekanan pada mata bukanlah satu-satunya penyebab terindikasinya glukoma mata. Kecacatan pada sistem drainase di mata juga bisa memicu terjadinya glukoma. Drainase itu sendiri berfungsi untuk membuang cairan yang dapat menentukan tekanan di dalam mata sehingga dapat meningkatkan tekanan intraokular melebihi tingkat normal. Dalam kondisi terjadinya tekanan pada mata atau cacatnya sistem drainase tersebut, maka penderita akan mengalami penyempitan pandangan berikut dengan kerusakan anatomi mata. Hal ini menyebabkan penambahan cekungan yang terjadi di saraf optik. Dalam kondisi yang seperti ini, banyak sekali penderita yang tidak bisa atau belum menyadari bahwa dirinya mengalami glukoma.

Ada beberapa ciri-ciri mengenai glukoma mata yang perlu diketahui seperti nyeri pada mata, sakit kepala, mual dan muntah, mata memerah, pandangan mata yang semakin tidak jelas dan lain-lain. Secara garis besar, penyakit ini dapat dirasakan secara jelas jika anda mengalami kondisi-kondisi yang tidak normal pada mata, sehingga mata tidak dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Selain itu, para penderita miopi atau rabun jauh, penderita diabetes ataupun hipertensi harus mewaspadai gejala glukoma karena mereka lebih berisiko terkena penyakit ini. Bagi penderita penyakit-penyakit tersebut sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin pada mata dalam jangka waktu tertentu untuk mencegah kerusakan atau gangguan lebih lanjut.

Glukoma mata sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis yaitu :

1. Glukoma primer (bakat glukoma)

1.1 Glukoma Primer Sudut Terbuka (bersifat turunan, yang seiring bertambahnya umur akan terkena glukoma)

1.1.2 Glukoma kronis (tekanan pada bola mata yang menyebabkan penyempitan perlahan)

1.2 Glukoma Primer Sudut Tertutup (umumnya terjadi karena keluhan yang tiba-tiba, dan berdampak sangat singkat hingga terkena glukoma)

1.2.1 Glukoma kronis (tekanan pada bola mata yang menyebabkan penyempitan perlahan)

1.2.2 Glukoma akut (tekanan tiba-tiba di sudut bilik mata depan yang menyebabkan kerusakan secara permanen)

2. Glukoma sekunder (ada penyebab lain yang mendahului)

3. Glukoma kongenital ( terjadi saat melahirkan atau pasca melahirkan).

Semua jenis glukoma tersebut memiliki efek yang berbeda dan tetaplah berbahaya. Oleh sebab itu, bagi anda yang sehat dan tidak memiliki keluhan mata apapun, sebaiknya tetap rutin melakukan pemeriksaan untuk mengetahui berbagai indikasi mengenai glukoma mata yang perlu diketahui agar pencegahan dini dapat segera dilakukan.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Hal yang Perlu Diwaspadai Terkait Gejala Glukoma Mata"