Ingin Punya Umur Panjang? Konsumsilah 6 Makanan Ini

Ingin Punya Umur Panjang? Konsumsilah 6 Makanan Ini

Siapa yang tidak ingin memiliki umur panjang? Semua orang pasti menginginkannya. Panjang umur menjadi harapan setiap orang saat menapaki usia baru. Namun tidak setiap orang yang diberi kesempatan memiliki umur yang panjang. Banyak faktor penyebab pendeknya umur seseorang, bisa karena penyakit atau pola hidup yang tidak sehat.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pola makan serta beberapa jenis makanan dapat menjadi salah satu indikator penting yang menunjang agar berumur panjang dan terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis. Beberapa jenis makanan ini membantu anda untuk memiliki umur panjang. Namun hal yang perlu diperhatikan, jangan mematok bahwa makanan itu dapat memperpanjang umur anda. Semua harus diikuti denga

Berikut adalah 5 makanan sehat yang dapat memperpanjang usia hidup Anda:

1.Roti gandum

Mulailah sarapan dengan roti gandum. Jadi ragi yang terkandung pada roti membuat seseorang memiliki umur panjang. Beberapa penelitian seperti yang tercantum pada JAMA Internal Medicine menyatakan bahwa konsumsi gandum sebesar 1 ons berhubungan dengan penurunan risiko kematian sebanyak 5 persen serta penurunan risiko penyakit jantung sebanyak 9 persen.

2. Kacang

Berbagai jenis kacang ternyata terbukti dapat mencegah berbagai penyakit kronis dan membuat usia menjadi lebih panjang. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa semakin sering seseorang mengonsumsi kacang, maka risiko untuk mati muda juga semakin rendah. Namun, konsumsi yang berlebihan juga tidak baik bagi beberapa jenis kacang karena tinggi oleh kolesterol. Oleh karena itu, konsumsilah sesuai dengan takaran normalnya yaitu minimal segenggam kacang per hari.

3. Rumput laut

Rumput laut seringkali digunakan sebagai cemilan baik jika digabung dengan berbagai buah atau kreasi lainnya. Rumput laut berperan dalam menekan segala bentuk peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa ekstrak rumput laut kaya akan senyawa flavonoid yang bersifat sebagai anti kanker. Beberapa jenis rumput laut seperti rumput laut cokelat, merah dan hijau bermanfaat dalam membunuh sel kanker payudara.

4. Ikan

Ikan merupakan makanan sehari-hari yang tidak akan lepas dari masyarakat. Siapa kira jika ikan memiliki manfaat yang besar dalam memperpanjang umur seseorang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ikan mengadung senyawa karotenoid yang melindungi seseorang dari kerusakan saraf. Selain itu, kandungan omega-3 dalam ikan berlemak seperti salmon dapat mencegah timbulnya penyakit kanker serta penyakit jantung yang menjadi penyebab kematian yang tinggi pada usia muda.

5. Cranberries

Cranberies hampr sama dengan blueberry namun kandungan yang ada dalam buah tersebut tetaplah berbeda. Kandungan nutrisi pada buah cranberies ternyata mampu melindungi  seseorang dari infeksi saluran kemih, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah kanker. Selain itu, kandungan folifenol yang terdapat dalam buah ini dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Anda dapat memanfaatkan buah ini menjadi berbagai macam menu sesuai selera. Jika ingin hasil yang maksiman anda dapat mengonsumsi cranberies secara langsung atau membuatnya menjadi jus dengan campuran buah lain untuk mengurangi rasa asam yang ada.

6. Mentimun

Mentimun juga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit tetapi juga menjadi salah satu makanan yang menunjang umur panjang. Sebuah penelitian dari Salk Institute for Biological Studies, kandungan fisetin, flavonols yang terdapat pada mentimun ternyata mampu mencegah penyakit Alzheimer yang sering terjadi pada orang yang sudah menginjak usia tua. Penyakit inilah yang seringkali menyebabkan kematian pada dewasa. Bahkan beberapa kasus mengungkapkan bahwa penyakit Alzheimer telah menyerah pada usia 40-an. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut anda bisa mengonsumsi mentimun secara teratur baik memakannya secara langsung atau dibuat menjadi salad atau lalapan sesuai selera.

 

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Ingin Punya Umur Panjang? Konsumsilah 6 Makanan Ini"