Inilah Arti Letak Jerawat Di Wajah, Ungkap Kondisi Kesehatanmu

Inilah Arti Letak Jerawat Di Wajah, Ungkap Kondisi Kesehatanmu

Jerawat adalah salah satu gangguan kulit yang paling sering terjadi. Sekalipun tergolong penyakit kulit yang ringan. Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh bakteri yang disebabkan kebersihan wajah yang tidak terjaga. Hal ini dimulai dari sebum yang berfungsi menjaga kelembaban kulit, namun dia akan menimbulkan masalah jika produksinya berlebihan. Sebenarnya kulit akan bergenerasi secara berkala dimana sel kulit pada permukaan akan mati dan digantikan sel kulit di bawahnya. Sel-sel kulit yang mati bersama kelebihan sebum dan kotoran yang menempel di kulit membentuk sumbatan pada pori-pori kulit yang biasanya disebut dengan komedo.

Masalah jerawat akan berlangsung bila terjadi infeksi P. Acnes, koloni bakteri yang ada di kulit yang cenderung hidup dan berkembangbiak pada kelenjar minyak yang tersumbat. Infeksi ini akan merangsang reaksi radang dari tubuh sehingga bintik jerawat menjadi merah atau terdapat tumpukan nanah (pustula). Infeksi dapat berlanjut dan menjalar ke daerah sekitarnya hingga membentuk nodul atau kista yang tampak sebagai benjolan besar di bawah kulit dan nyeri terutama bila disentuh dan sangat mengganggu penampilan kulit.

Jerawat bisa muncul dibagian tubuh manapun terutama bagian wajah. Letak jerawat dapat menjadi sebuah peta yang menunjukkan apa yang salah dengan tubuhmu, karena daerah-daerah tertentu dari wajahmu terhubung kebagian lain dari tubuhmu. Berdasarkan laman Stationhealth menjelaskan arti letak jerawat yang sering tumbuh. Namun ini merupakan penelitian setelah mengamati kebanyakan orang, sehingga bukan berarti setiap orang cocok dengan arti letak jerawat yang tumbuh  pada daerah tersebut.

1.Zona 1 dan 2

Jerawat yang ada pada zona ini menandakan terjadi masalah dengan sistem pencernaan. Oleh karena itu, penanganan yang tepat adalah hindari makanan junk food dan makanan tinggi lemak. Minumlah banyak air putih dan lebih banyak konsumsi buah dan sayuran segar.

2. Zona 3

Jerawat yang ada pada zona ini menandakan terjadi masalah pada bagian hati. Pada penanganannya cobalah untuk mengurangi konsumsi produk alkohol, makanan berat seperti daging, kulit, gorengan, ataupun makanan berlemak lainnya. Daerah ini juga sering menunjukkan adanya alergi makanan, sehingga jika ingin menghentikannya kamu harus menghindari faktor pencetus yang ada.

3. Zona 4 dan 5

Jerawat yang ada pada zona ini menandakan terjadi dehidrasi pada tubuh. Oleh karena itu, minumlah banyak cairan.

4. Zona 6

Jerawat yang ada pada zona ini menandakan terjadi masalah pada hati. Oleh karena itu, kamu dapat memeriksa tekanan darahmu dan menghindari konsumsi segala jenis makanan pedas. Daerah ini juga penting untuk penampilan pori-pori membesar, jadi pastikan kamu tidak menggunakan make up yang mengganggu kulitmu.

5. Zona 7 dan 8

Jerawat yang ada pada zona ini menandakan terjadi masalah pada  ginjal. Oleh karena itu, minumlah banyak cairan dan kurangi konsumsi minuman berkarbonasi, kopi ataupun alkohol.

6. Zona 9 dan 10

Pada zona ini menandakan adanya gangguan pernafasan. Orang yang merokok atau puya riwayat alergi cenderung memiliki jerawat di daerah-daerah tertentu. Untuk mengatasinya, kurangi segala minuman berkafein, gula yang tinggi, atau beralkohol,  dan keluar di udara segar secara teratur.

7. Zona 11 dan 12

Pada zona ini cenderung gangguan pada hormon. Cobalah untuk mengurangi stres dan menjaga kulit agar selalu bersih. Fakta menarik yang terdapat pada zona ini adalah jerawat di daerah ini sering terjadi selama wanita mengalami ovulasi dan bahkan menunjukkan dari sisi mana kamu sedang berovulasi.

8. Zona 13

Pada zona ini cenderung gangguan pada organ perut. Oleh karena itu kamu dapat mencoba dengan minum teh herbal dan makan lebih banyak makanan yang kaya akan serat.

9. Zona 14

Zona jerawat pada area ini biasanya menunjukkan bahwa tubuh kamu sedang berjuang dengan beberapa jenis bakteri untuk menghindari penyakit. Cobalah untuk menghindari dari stres. Kamu dapat melakukannya dengan bersantai, yoga, dan mencoba untuk tidur siang setiap hari.

 

Related Post

<============================================>
author
No Response

Comments are closed.