Inilah Fase dan Gejala Demam Berdarah Dengue

No comment 1748 views

Salah satu penyakit yang berbahaya namun tidak disadari adalah demam berdarah. Penyakit ini hampir menyerang semua daerah terutama ketika memasuki musim hujan. Sangat disayangkan bahwa kebanyakan orang tidak menyadari fase dan gejala demam berdarah dengue yang muncul. Bahkan sebagian orang menganggap hanya panas biasa, dan baru diketahui setelah demam berdarah sudah memasuki tahap berdarah. Pada tahap awal, demam berdarah memang terlihat hanya seperti panas biasa.

Jika ditelaah lebih lanjut, demam berdarah merupakan penyakit mematikan dan sekitar 70% penyakit ini tidak menunjukkan gejala sama sekali. Seperti yang kita tahu, penyakit demam berdarah dipicu oleh gigitan nyamuk aedes aegepty yang berjenis kelamin betina. Ciri fisik nyamuk ini ditandai dengan warna belang putih hitam disekujur tubuhnya. Jenis nyamuk tumbuh kembang dengan subur ketika musim penghujan. Untuk itu, cobalah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari nyamuk ini berkembang.

Inilah Fase dan Gejala Demam Berdarah DengueFase demam berdarah

Penyakit demam berdarah yang menyerang manusia dapat dikelompokkan menjadi tiga fase. Durasi fase ini berbeda tergantung dari ketahanan tubuh penderita, paling umum gejala awal mulai terlihat dari 3 hingga 14 hari. Penting untuk mengetahui hal ini dikarenakan demam berdara dapat mematikan jika tidak segera mendapatkan perawatan yang tepat. Demam berdarah bisa menyebabkan pembuluh darah membeku, akibatnya beberapa penderita banyak yang mengalami pendarahan.

  • Fase demam

Pada fase awal, penderita akan mengalami panas tubuh yang tinggi pada tiga hari awal. Panas tubuh akan naik hingga mencapai 40 derajat disertai dengan beberapa kondisi lain seperti nyeri di semua bagian tubuh. Fase awal ini sebenarnya memegang faktor kunci untuk penyembuhan demam berdarah. Sayangnya kebanyakan orang masih bingung dalam mendiagnosis panas tubuh ini. Pada tahap ini, tindakan bijak yang harus dilakukan adalah memberi obat penurun panas, namun tentu harus sesuai anjuran dokter.

  • Fase kritis

Fase ini ditandainya dengan panas yang menurun, sehingga kebanyakan orang justru berpikir bahwa penderita sudah sembuh dari demam berdarah. Padahal ini adalah sesuatu yang keliru. Fase kritis demam berdarah ditandai dengan timbulnya bintik merah pada sekujur tubuh dan lebih menyerupai penyakit campak. Munculnya bintik-bintik ini dikarenakan pembuluh darah yang membeku sehingga darah keluar melalui kulit. Selain kulit, pendarahan biasanya juga keluar dari hidung dan mulut. Pada fase ini, penderita harus sudah mendapatkan pertolongan medis dari instansi terkait.

  • Fase penyembuhan

Dalah fase akhir demam berdarah, panas tubuh akan naik seperti semula. Tidak perlu kuatir dengan hal ini, karena ini merupakan proses tubuh untuk menyembuhkan diri. Dalam fase penyembuhan demam berdarah, kadar trombosit dalam darah juga akan ikut naik.

Gejala demam berdarah

Setelah melalui beberapa fase dalam penyakit demam berdarah, ada baiknya mengetahui berbagai gejala yang terkait kondisi demam berdarah. Gejala ini juga sangat membantu dalam menentukan jenis pengobatan yang tepat terkait dengan fase yang dialami. Beberapa gejala demam berdarah adalah:

  • Suhu panas tubuh mencapa 40derajat.
  • Terdapat bintik-bintik merah dikulit dikarenakan pembuluh darah yang membeku.
  • Beberapa pasien akan mengalami muntah-muntah dan mual.
  • Nyeri di semua bagian tubuh
  • Kaki dan tangan akan mengeluarkan keringat dingin.
<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Inilah Fase dan Gejala Demam Berdarah Dengue"