Inilah Manfaat Labu Siam Untuk Hipertensi

No comment 2461 views

Labu siam merupakan salah satu sayur yang sering dikonsumsi sehari-hari. Pada umumnya, labu siam banyak digunakan sebagai sayuran. Selain buahnya, daun labu siam juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran. Manfaat labu siam banyak sekali, selain sayuran labu siam ternyata juga dimanfaatkan untuk bahan alternatif terapi atau pengobatan.

Labu siam mengandung kadar vitamin C yang tidak sedikit, selain itu terdapat kandungan rendah kalori juga rendah sodium. Kandungan lain yang terdapat pada labu siam adalah asam folat yang sangat bermanfaat untuk mencegah kecacatan pada janin. Kalsium pada labu siam juga dapat mengatasi karbondioksida dalam darah. Labu siam juga dapat digunakan sebagai terapi untuk mengatasi diabetes, batu ginjal dan kanker.

Inilah Manfaat Labu Siam Untuk Hipertensi

Inilah Manfaat Labu Siam Untuk Hipertensi

Penggunaan manfaat labu siam bisa melalui beberapa cara. Terkadang dapat dibuat sayur terlebih dahulu, atau digunakan dengan membuat jus terlebih dahulu. Hal ini tergantung dengan selera. Labu siam merupakan salah satu bahan alternatif paling terjangkau untuk terapi hipertensi.

Manfaat labu siam

Setelah dilakukan beberapa pengkajian, labu siam ternyata memiliki banyak sekali senyawa yang diperlukan tubuh. Diantara beberapa senyawa yang penting adalah tannin, alkaloid dan zat saponin. Berikut ini adalah beberapa manfaat labu siam yang bisa kita dapatkan.

  • Membuka pembuluh darah

Hipertensi yang terjadi pada tubuh salah satunya bisa disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah. Konsumsi labu siam dapat membantu mengatasi penyumbatan hasilnya alrian pembuluh darah menjadi terbuka. Salah satu kandungan dalam labu siam bernama alkaloid berperan terhadap masalah ini.

  • Meringankan kerja jantung

Kandungan alkaloid dalam labu siam selain dapat membuka aliran darah, senyawa ini juda dapat meringankan kerja jantung. Hal ini dikarenakan sifat diuretic labu siam yang akan membuang garam dalam tubuh. Garam yang terbuang akan meringankan kerja jantung sehingga aliran darah menjadi lancar imbasnya tekanan darah akan menurun.

  • Mencegah pengapuran arteri

Sifat diuretic yang terdapat pada labu siam ternyata mempunyai manfaat lain, yaitu dapat mencegah pengerasan atau pengapuran pada jaringan pembuluh arteri tubuh. Pengapuran merupakan salah satu penyebab paling banyak terjadinya hipertensi. Ini disebabkan pembuluh arteri yang terkapuri tidak bisa melancarkan aliran darah.

Labu siam sudah dipercaya sejak dulu untuk terapi darah tinggi. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, labu siam bisa dimanfaatkan dengan cara diparut dan diperas terlebih dahulu. Perawatan semacam ini akan efektif untuk menurunkan tekanan darah. Lakukan perawatan ini sampai tiga hari.

  • Melancarkan sirkulasi oksigen

Kandungan labu siam berupa kalium mampu menstimulasi sirkulasi oksigen menjadi lancar. Oksigen diperlukan tubuh guna melakukan metabolisme bersamaan dengan darah yang mengalir. Selain itu, kalium juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Inilah Manfaat Labu Siam Untuk Hipertensi"