Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Infeksi Ginjal

Tanaman kumis kucing merupakan tanaman asli dari Indonesia. Tanaman ini masuk dalam kategori tanaman herbal, karena penggunaanya memang dikhususkan untuk pengobatan atau terapi. Sudah sejak lama bahwa tanaman kumis kucing dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Beberapa manfaat tanaman kumis kucing untuk infeksi ginjal bisa kita dapatkan dari konsumsi ini.

Tanaman kumis kucing juga banyak difungsikan sebagai tanaman hias. Perawatan tanaman yang mudah menjadikan kumis kucing sebagai salah satu alternatif tanaman hias. Bagian yang biasa dimanfaatkan dari kumis kucing adalah daunnya. Daun kumis kucing inilah yang biasanya digunakan sebagai bahan terapi dalam berbagai pengobatan.

Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Infeksi Ginjal

Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Infeksi Ginjal

Daun kumis mempunyai kandungan kalium serta glikosida orthosiponin. Penggunaan tanaman kumis kucing sebagai obat dapat dilakukan dengan mengeringkan terlebih dulu atau dalam keadaan masih segar. Kumis kucing juga mempunyai sifat anti peradangan, sehingga dapat mengansipasi kemungkinan penyakit lain muncul.

Manfaat tanaman kumis kucing

Selain hati, ginjal merupakan salah satu organ enting dalam melakukan penyaringan terhadap cairan tubuh. Ketika ginjal berfungsi dengan baik akan berimbas terhadap kesehatan tubuh yang baik. Manfaat tanaman kumis kucing untuk infeksi ginjal bisa diperoleh dari berbagai kandungan dalam tanaman ini.

  • Melarutkan fosfor

Daun kumis kucing mengandung senyawa glikosida orthosiponin yang berfungsi melarutkan fosfor yang tertinggal saat urin keluar. Fosfor yang mengendap akan membuat ginjal tidak bekerja secara normal karena tersumbat.

  • Menormalkan kandung kemih

Salah satu alasan penyebab batu ginjal kandung kemih yang berfungsi secara normal. Proses terjadinya batu biasanya terdapat dalam kandung kemih. Jika kandung kemih berfungsi secara normal, dalam arti bersih, maka batu ginjal dapat dihindari.

  • Peluruh kencing

Daun kumis kucing mempunyai sifat diuretic yang artinya dapat meningkatkan kadar urin dalam tubuh. Pengeluaran urin secara normal dan terus menerus akan meluruhkan endapan yang tersisa.

  • Infeksi saluran kencing

Kandungan dalam tanaman kumis kucing dapat berfungsi untuk membersihkan saluran kencing sehingga sisa endapan dapat dikeluarkan bersama urin. Infeksi terjadi karena saluran kencing tertutup oleh endapan yang kemudian berubah menjadi batu.

  • Infeksi ginjal

Infeksi pada ginjal terjadi karena endapan pada ginjal sudah berubah menjadi batu. Jika terus dibiarkan dan tidak segera diobati, batu ini kemudian akan menginfeksi ginjal dan menimbulkan peradangan.

Penggunaan tanaman kumis kucing dapat mencegah pengendapan batu ginjal. Pencegahan dilakukan oleh senyawa dalam daun kumis kucing yaitu kalium dan ortosiphonin. Cara mencegahnya yatu dengan meluruhkan endapan pada ginjal yang berpotensi menjadi batu.

  • Mengatasi nyeri seni

Rasa nyeri ketika seni biasanya diakibatkan karena sering menahan kencing. Sifat diuretic dari tanaman kucing dapat memperlancar air seni dan kemudian luruh bersama urin yang dibuang. Nyeri ketika seni umumnya disebabkan karena sauran kandung kemih tertutup oleh batu.

  • Mengatasi radang ginjal

Zat aktif berupa flavonoid dalam daun kumis kucing dapat mencegah peradangan pada ginjal karena bisa berperan sebagai anti-oksidan. Peradangan biasanya terjadi karena penyumbatan pada saluran yang terdapat ginjal.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Inilah Manfaat Tanaman Kumis Kucing Untuk Infeksi Ginjal"