Inilah Manfaat Vitamin C Untuk Radang Tenggorokan

Inilah Manfaat Vitamin C Untuk Radang Tenggorokan

Inilah Manfaat Vitamin C Untuk Radang Tenggorokan

Vitamin C dikenal mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, baik itu tubuh bagian luar maupun tubuh bagian dalam. Vitamin C juga bisa diperoleh dari mana saja, mulai dari buah, sayur dan lainnya. Secara fisik, vitamin C tidak terllihat karena ia merupakan senyawa yang terkandung dalam buah maupun sayur. Vitamin C memberikan banyak manfaat, salah satunya vitamin C bermanfaat untuk radang tenggorokan.

Radang tenggorokan dapat dikarenakan dari berbagai faktor, biasanya batuk yang akut. Penyakit ini biasanya terjadi pada bagian dalam tenggorokan. Gejala yang diakibatkan dari radang tenggorokan adalah batuk-batuk, suara serak, tenggorokan gatal, nyeri tenggorokan dan masih banyak lainnya. Penyebab terjadinya radang tenggorokan umumnya karena bakteri yang menyerang.

Selain itu, gejala yang sering dihasilkan dari radang tenggorokan adalah nyeri saat menelan. Jika tidak segera diatasi, radang tenggorokan bisa menyebabkan demam dan penyakit turunan lainnya. Gejala lain yang ditimbulkan dari radang ini adalah tenggorokan menjadi bengkak dan memerah. Tenggorokan yang bengkak membuat kita mengalami kesulitan saat menelan makanan dan menyebabkan rasa sakit.

Salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan radang tenggorokan adalah dengan vitamin C. Manfaat vitamin C untuk radang tenggorokan sudah dilakukan sejak dulu dan dipercaya kebenarannya. Cara menggunakan vitamin C untuk mengobati radang tenggorokan juga tidak susah, karena jenis vitamin ini banyak terkandung dalam buah dan sayuran. Pada saat ini, vitamin C sudah banyak diproduksi dalam bentuk tablet maupun minuman sehingga mempermudah untuk dikonsumsi.

Penyebab radang tenggorokan

  • Kebanyakan penyebab radang tenggorokan adalah virus, prosentasenya bisa mencapa 80 %. Sisanya adalah bakteri.
  • Perubahan cuaca yang tidak tetap bisa memicu kekebalan tubuh menjadi tidak stabil.
  • Beberapa jenis makanan tertentu memberikan efek langsung terhadap terjadinya radang tenggorokan.
  • Penyakit flu dan pilek yang tidak segera diobati akan menular ke tenggorokan dan akan memicu peradangan.

Manfaat vitamin C untuk radang tenggorokan

Vitamin C yang dikonsumsi oleh tubuh akan memberikan efek terhadap radang tenggorokan. Efek yang bisa didapatkan dapat berupa pencegahan maupun pengobatan. Hal ini tergantung seberapa jauh radang tenggorokan menyerang.

  • Mengurangi peradangan

Sudah lama diketahui bahwa vitamin C merupakan salah satu zat anti-inflamasi. Vitamin C ini akan bereaksi dengan cara mencegah dan mengurangi peradangan yang terjadi.

  • Mengatasi iritasi

Selain anti-inflamasi, vitamin C juga bisa berperan sebagai anti-irritan. Zat ini berfungsi untuk mencegah iritasi yang terjadi semakin meluas dan melebar.

  • Meningkatkan kekebalan

Vitamin C adalah anti-oksidan, anti-oksidan akan menjaga kekebalan sistem imun, dan itu sudah banyak diketahui.

  • Mengurangi rasa sakit

Penyebab rasa sakit pada tenggorokan dikarenakan peradangan. Setelah mengatasi peradangan, secara otomatis rasa sakit yang terjadi karena radang tenggorokan akan berkurang.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Inilah Manfaat Vitamin C Untuk Radang Tenggorokan"