Jambu Biji Untuk Obat Demam Berdarah Secara Alami

Jambu biji pada dasarnya mengandung vitamin C paling tinggi diantara semua jenis buah. Bahkan ketika mulai masak, kandungan vitamin C jambu bijisetara dengan enam kali lipat dari buah jeruk. Maka tidak heran jika jambu biji untuk obat demam berdarah sudah digunakan sejak lama. Ini dikarenakan karena jambu biji mampu menaikkan kadar trombosit dalam darah. Salah satu efek yang dihasilkan oleh demam berdarah adalah menurunnya jumlah trombosit dalam tubuh. Jadi, penggunaan jambu biji akan sangat cocok untuk penderita demam berdarah.

Sebagai buah dengan kandungan vitamin C tertinggi, jambu biji juga bermanfaat sebagai antioksidan tubuh. Sudah diketahui secara luas bahwa antioksidan dapat menjaga kekebalan tubuh dan sistem imunitas dengan menghalangi radikal bebas yang masuk. Meski belum ada penelitian pasti tentang manfaat jambu biji untuk obat demam berdarah, namun jambu biji sudah dipercaya dapat menyembuhkan demam berdarah. Maka tidak heran jika saat demam berdarah mewabah, konsumsi akan jambu biji semakin meningkat.

Jambu Biji Untuk Obat Demam Berdarah Secara AlamiSebagai gambaran, pada sebuah jambu biji mengandung kalori, protein, lemak, kalsium, zat besi, vitamin dan masih banyak komponen lainnya. Penggunaan jambu biji sebagai bahan treatment juga sangat mudah dilakukan, tergantung keinginan penderita. Jambu biji dapat dimakan secara langsung maupun dibuat jus terlebih dahulu. Penggunaan dengan cara apapun tidak akan mengurangi khasiat yang diberikan oleh jambu biji.

Jambu Biji Sebagai Obat Demam Berdarah

Sebenarnya tidak hanya terbatas pada buahnya, daun jambu biji juga mempunyai manfaat yang kurang lebih sama untuk membantu mengobati demam berdarah. Sama dengan jambu biji, daun jambu juga mempnyai kandungan kimia yang kurang lebih sama sehingga bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan virus demam berdarah. Yang patut diperhatikan adalah, tidak semua daun jambu biji dapat digunakan untuk pengobatan demam berdarah. Daun yang dapat digunakan hanya daun yang masih muda, atau pucuk daun.

  • Menurunkan demam

Pada fase awal demam berdarah, penderita biasanya akan mengalami kenaikan suhu tubuh secara drastis dan berlangsung sekitar 4-6 hari. Dalam sebuah studi yang dilakukan kepada penderita demam berdarah, pasien diberikan jus jambu sebanyak 500 gram. Hasilnya, durasi demam turun secara drastis hingga setengah kali lipatnya yaitu 2-3 hari.

  • Menstimulasi produksi trombosit

Dalam jambu biji terdapat kandungan senyawa kimia antioksidan. Antioksidan mempunyai peran yang sangat penting dalam tubuh manusia, mulai sebagai penangkal radikal jahat hingga menstimulasi pertumbuhan trombosit. Pada penderita demam berdarah, kadar trombosit dalam darah menurun drastis dari jumlah normalnya. Antioksidan juga berperan dalam menyuplai ion H dalam jaringan sel sehingga trombosit akan bekerja secara normal.

  • Mencegah virus pembawa demam berdarah

Demam berdarah pada awalnya dibawa oleh nyamuk aedes aegepty yang kemudian memasukkan virus ke dalam tubuh. Penggunaan jambu biji secara harian akan secara efektif mencegah virus masuk dan berkembang dalam tubuh. Salah satu kandungan yang bermanfaat dalam hal ini adalah tannin. Mulai sekarang, jangan sepelekan manfaat dari buah ini, karena jambu biji untuk obat demam berdarah sudah diakui khasiatnya.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Jambu Biji Untuk Obat Demam Berdarah Secara Alami"