Jauhi Kebiasaan Buruk Ini untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Semua orang tahu bahwa ginjal adalah organ saluran kemih yang memiliki bentuk menyerupai kacang. Manusia memiliki sepasang ginjal yang berada di kanan dan kiri tulang belakang. Organ ini berperan penting membuang zat berbahaya dalam tubuh yang terkandung dalam darah melalui urine. Sedikit saja gangguan yang terjadi pada ginjal dapat sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal sangat perlu dilakukan agar organ tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan tepat.

Jauhi Kebiasaan Buruk Ini untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Menahan Kencing dalam waktu yang Relatif Lama

Banyak sekali cara menjaga kesehatan ginjal yang aman dapat anda temukan di buku-buku kesehatan, artikel dan sosialisasi yang dilakukan di lingkungan anda. Tentu saja cara-cara tersebut telah melalu uji klinis oleh pakar kesehatan dan terbukti efektif sebelum di publikasikan. Salah satu cara yang dianjurkan ialah dengan menjauhi berbagai macam kebiasaan yang mampu merusak kinerja ginjal Anda, contohnya menahan kencing dalam waktu yang relatif lama. Jika Anda membiarkan kandung kemih sangat penuh untuk waktu yang lama, bahkan sering menunda keinginan untuk buang air kecil, hal tersebut bisa menjadi penyebab rusaknya fungsi ginjal. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan ginjal yang sangat mudah adalah dengan mengosongkan kandung kemih tepat pada waktunya. Saat Anda merasakan ingin buang air kecil, jangan menunda untuk segera pergi ke toilet.

2. Kurangnya Mengonsumsi Air Putih

Selain sering menahan buang air kecil, kebiasaan lainnya seperti kurangnya mengonsumsi air juga harus dihindari. Apakah dalam sehari anda sering tidak minum air putih? Ternyata hal ini juga bisa menyebabkan rusaknya ginjal Anda. Fungsi dari ginjal ialah mengeluarkan sisa dari metabolisme yang berada di dalam tubuh serta mengatur produksi dari eritrosit. Saat tubuh kurang asupan air, darah akan berubah menjadi lebih kental sehingga mengakibatkan terhambatnya aliran darah menuju ke ginjal. Hal ini akan menghambat kemampuan yang dimiliki ginjal untuk menghilangkan racun. Karena itu, mengonsumsi air putih secara teratur dengan porsi yang tepat adalah salah satu cara menjaga kesehatan ginjal yang aman.

3. Mengkonsumsi Garam Melebihi Ambang Batas

Kebiasaan buruk lainnya ialah mengkonsumsi garam yang melebihi ambang batas. Mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kerusakan organ ginjal serta berbagai masalah kesehatan yang lain. Saat asupan garam terlalu tinggi, ginjal pun harus bekerja begitu keras demi mengeluarkan kelebihan garam yang berada di dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan fungsi dari ginjal menurun serta terjadi penimbunan air yang berada di dalam tubuh. Banyak studi yang mengatakan apabila asupan garam yang meningkat juga menjadi risiko berkembangnya penyakit darah tinggi dan obesitas. Oleh sebab itu, banyak dokter yang menyarankan masyarakat untuk memperhatikan konsumsi garam sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan ginjal yang aman.

4. Sering Mengonsumsi Makanan/Kapsul dengan Protein yang Terlalu Tinggi

Kebiasaan terakhir ialah mengonsumsi protein yang terlalu tinggi. Mungkin saat diet, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi protein dalam jumlah yang banyak. Padahal mengonsumsi makanan tinggi protein secara berlebihan akan meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal, sebab salah satu peran ginjal ialah mengeluarkan nitrogen dari proses pencernaan protein. Asupan ini akan meningkatkan beban dari metabolik ginjal secara kronis dan meningkatkan tekanan hiperfiltrasi serta glomerulus. Hal ini tentu bisa memicu berbagai masalah dan gangguan pada ginjal. Dengan kata lain, jika anda ingin menjaga kesehatan ginjal, Anda harus melakukan pola diet yang tepat dengan pantauan dokter atau ahli nutrisi. Dengan menjauhi berbagai macam kebiasaan buruk tersebut, secara tidak langsung anda sudah menjalankan beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang aman.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Jauhi Kebiasaan Buruk Ini untuk Menjaga Kesehatan Ginjal"