Jenis Alergi yang Sering Menimpa Anak-anak

No comment 1271 views

Anak-anak dianggap memiliki sistem imunitas atau daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga anak-anak kerap diserang berbagai penyakit. Salah satu yang biasa terjadi pada anak yakni alergi. Alergi dikenal sebagai suatu penyakit yang hanya akan terjadi jika tubuh kontak dengan suatu iritan zat tertentu. Berbagai faktor tersebut dapat memicu berbagai jenis alergi yang sering menimpa anak.

Atau dalam hal ini tubuh memiliki respons berlebih pada zat-zat tersebut, sehingga memicu terjadi suatu gejala. Meski alergi tidak dianggap sebagai penyakit yang berbahaya, namun alergi pada anak juga perlu diwaspadai dan dipertimbangkan. Selain itu, alergi juga diketahui tidak dapat disembuhkan karena umumnya alergi pada anak merupakan suatu bawaan gen. Hanya saja, jika para orang tua telah mengetahui jenis alergi yang diderita anak maka bisa mencegah agar sang anak tidak mengalami gejala pada alergi.

Jenis Alergi yang Sering Menimpa Anak-anakMeski alergi sering menimpa anak-anak, orang dewasa pun belum tentu tidak memiliki alergi. Atau biasanya alergi yang diderita orang dewasa merupakan alergi pada saat kecil. Namun tidak semua yang mengalami hal serupa. Adakalanya alergi yang menimpa saat kecil akan hilang saat dewasa.

Jenis Alergi yang Sering Menimpa Anak-anak

Gejala yang ditimbulkan akibat alergi umumnya akan berbeda. Hal ini biasanya berdasarkan jenis alergi tersebut. Untuk lebih mengenal jenis alergi, berikut beberapa jenis alergi yang sering menimpa anak-anak.

  • Alergi Makanan

Alergi yang paling sering menimpa anak-anak yaitu alergi pada suatu makanan tertentu. Umumnya makanan laut atau seafood seperti ikan yang biasa dialami sebagian besar sebagai makanan alergi. Gatal-gatal atau ruam merah pada kulit menjadi salah satu gejala akibat alergi makanan laut. Namun tak hanya seafood, makanan lainnya juga kerap menjadi pemicu alergi dan iritasi.

  • Alegi Obat

Saat si kecil mengalami sakit, orang tua tentu akan memberikan obat untuk meredakan sakitnya. Namun orang tua perlu jeli melihat respon pada anak setelah meminum suatu obat tertentu. Pasalnya alergi obat juga kerap dialami oleh anak-anak. Untuk itu, ada baiknya

mencari alternative pengobatan lain jika sang anak memiliki alergi obat tertentu.

  • Alergi Cuaca

Selain suatu zat yang masuk ke dalam tubuh, pemicu alergi juga bisa datang dari luar yaitu kondisi cuaca. Terutama saat cuaca dingin merupakan suatu alergi yang banyak dan sering menimpa anak-anak. Gejala yang muncul akibat alergi dingin biasanya bersin-bersin dan keluar cairan dari hidung layaknya pilek dan ini umumnya terjadi pagi atau malam hari. Alergi cuaca seperti ini memang sulit dihindari namun bisa sembuh kembali saat kondisi cuaca mulai hangat.

  • Alergi Hewan

Hewan-hewan yang memiliki bulu sering dianggap sebagai pemicu alergi yang sering menimpa anak. Alergi pada hewan khususnya hewan berbulu sering menimpa anak. Biasanya ini diakibatkan karena pada bulu hewan terdapat kutu yang akan memberikan respon negatif jika kontak dengan kulit tubuh. Misalnya saja akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit atau membuat bersin-bersin.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Jenis Alergi yang Sering Menimpa Anak-anak"