Jenis-Jenis Peradangan Jerawat dan Pencegahan

Berikut ini kami akan memaparkan beberapa jenis peradangan jerawat, penyebab dan metode pengobatan yang tepat. Jerawat merupakan penyakit peradangan kulit yang sangat umum dialami oleh para Remaja diusia pubertas. Usia pubertas pada masa ini sudah mengalami perubahan, umumnya seseorang mengalami masa pubertas lebih cepat, ini terjadi karena beberapa faktor, yang paling berpengaruh adalah faktor makanan yang dikonsumsi.

Masa pubertas merupakan masa dimana terjadi perubahan-perubahan didalam tubuh seseorang sebagai reaksi hormon (testosteron – laki-laki) dan (estrogen – perempuan) pada masa menuju pendewasaan. Periodenya bervariasi, berbeda pada masing-masing individu. Masa pubertas perempuan biasanya ditandai dengan datangnya Haid ( biasanya dimulai pada usia sekitar 10 tahun). Sedangkan pada laki-laki ditandai dengan mengalami mimpi basah pertama kali ( biasanya dimulai pada usia sekitar 11 tahun). Perubahan-perubahan fisik juga mulai terlihat, Pada laki-laki terjadi perubahan pada pita suara, kemaluan mulai tumbuh rambut, bahu menjadi lebih besar, ukuran penis dan testikel juga membesar. Pada perempuan ditandai dengan mulai terbentuknya pinggul tubuh & payudara menjadi lebih besar.

Jenis-jenis Peradangan Jerawat dan Pencegahan

Jenis-jenis Peradangan Jerawat dan Pencegahan

Kembali ke masalah jerawat, Jerawat biasanya dimulai dengan komedo – folikel rambut membesar diakibatkan oleh minyak dan bakteri. Jenis peradangan jerawat satu ini membentuk komedo hadir dibawah permukaan kulit, ada dua macam jenis komedo yaitu komedo kepala putih (tertutup) dan komedo kepala hitam (terbuka).

Ada 4 jenis peradangan jerawat:

– Benjolan merah kecil-kecil, ini merupakan bentuk jerawat paling ringan dan mudah sembuh.

– Bulat kecil berisi nanah (bintit), biasanya terlihat putih di bagian pusat dan terlihat merah-muda di sekitarnya.

– Kista, benjolan besar dan menyakitkan yang terbentuk didalam kulit.

– Jerawat Conglobata – Infeksi bakteri ini parah sebagian besar berkembang di bagian belakang, pantat dan dada.

Beberapa langkah mudah untuk mencegah jerawat:

– Jaga kebersihan, Jangan terlalu sering mencuci muka Anda, kulit sehat yang sering dibasuh akan menyebabkan kulit menjadi kering, merangsang produksi minyak berlebih dan menyebabkan iritasi pada daerah rawan berjerawat.

– Tidur cukup

– Hindari stress dan kecemasan emosi

– Saat berolah raga usahakan memakai pakaian dari bahan yang mudah menyerap keringat dan sebaiknya jangan memakai make up berlebih.

– Hindari makanan berlemak, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan rendah kolesterol.

Hindari memencet jerawat dengan kuku, pin atau hal lainnya. memencet jerawat akan memaksa bakteri masuk lebih dalam ke dalam kulit, memperparah peradangan dan sering meninggalkan bekas luka jerawat permanen & jaringan parut.

Lagi-lagi pola hidup sehat dan konsumsi makan makanan yang mempunyai cukup gizi serta vitamin, bisa membantu mengurangi timbulnya jenis peradangan jerawat yang kemungkinannya bisa timbul. Akan tetapi kita bisa menghindari terjadinya peradangan pada saat timbul jerawat, jika kita merawat dengan cara yang baik dan benar, sehingga akan terhindar terjadinya proses peradangan lebih lanjut. Terimakasih, semoga bermanfaat.

 

<============================================>
No Response

Leave a reply "Jenis-Jenis Peradangan Jerawat dan Pencegahan"