Jenis Makanan Pemicu Kanker yang Harus Diwaspadai

Jika dibandingkan dengan beberapa puluh tahun yang lalu, saat ini di zaman yang sudah mulai modern justru masalah kesehatan yang muncul makin beragam dan tidak sedikit yang mematikan. Salah satu penyakit yang dinilai sebagai penyakit berbahaya yang mematikan adalah kanker. Penyakit kanker dapat ditimbulkan berbagai sebab, misalnya beberapa jenis makanan pemicu kanker yang harus diwaspadai.

Kanker merupakan penyakit yang sulit disembuhkan, karenanya tidak sedikit jumlah penderita kanker yang meninggal setiap tahunnya. Bahkan penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor 1 di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Meski penyakit ini sangat berbahaya dan mematikan, namun setiap orang masih bisa untuk menghidarinya.

Jenis Makanan Pemicu Kanker yang Harus DihindariKanker dianggap sebagai penyakit modern. Untuk itu salah satu penyebab yang dapat memicu penyakit ini muncul karena pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup sering juga dikaitkan dengan pola makan. Semakin modern semakin beragam makanan yang bisa dikonsumsi secara instan. Belum lagi dengan beberapa makanan yang mengandung senyawa kimia. Oleh karena itu, pola makan atau makanan yang dikonsumsi bisa menjadi faktor utama yang dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.

Jenis Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dihindari

Agar terhindar dari penyakit mematikan ini, ada baiknya untuk menjaga pola hidup serta menghindari beberapa makanan yang menyebabkan kanker. Berikut beberapa makanan pemicu kanker yang harus dihindari.

Saat ini banyak sekali makanan dalam kemasan yang bisa ditemukan di hampir setiap supermarket atau yang lainnya. Makanan dalam kemasan terutama makanan yang bersifat instan memiliki resiko yang besar dalam memicu kanker. Umumnya setiap makanan kemasan memiliki perasa makanan atau MSG dan juga tentunya memiliki bahan pengawet yang jika dikonsumsi terus menerus dan secara berlebihan dapat mengakibatkan tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh.

  • Daging Olahan

Berkaitan dengan pola hidup modern, kini makanan berbahan daging banyak diolah menjadi makanan instan seperti sosis, kornet, hot dog, dan lain-lain. Daging sapi khususnya memang memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Namun berbeda jika telah melalui proses pengolahan menjadi makanan instan. Melalui studi penelitian, daging olahan biasanya diproduksi dengan bahan karsinogenik yaitu pengawet kimia yang dikenal sebagai natrium nitrit. Senyawa kimia ini yang membuat warna makanan menjadi lebih segar, itu mengapa daging olahan biasanya terlihat merah dan tampak segar. Jika zat kimia ini masuk kedalam tubuh terutama dalam jumlah yang banyak makan akan sangat memicu pertumbuhan kanker dalam tubuh.

  • Makanan Bertepung

Tepung merupakan karbohidrat olahan, yang saat ini banyak dijadikan bahan dasar makanan. Mengkonsumsi makanan bertepung dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Terutama makanan bertepung yang telah melalui proses penggorengan dengan minyak yang tidak higienis serta tambahan gula, contohnya donat atau gorengan. Tingginya karbohidrat serta gula dalam makanan bertepung menjadi faktor yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker, khususnya kanker payudara.

  • Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi merupakan minuman atau makanan pemicu kanker yang harus dihindari. Kandungan gula pada minuman bersoda sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan resiko diabetes. Terutama, bahan kimia seperti pengawet dan pewarna makanan dalam minuman bersoda sangatlah berbahaya yang dapat memicu sel-sel kanker dalam tubuh berkembang.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Jenis Makanan Pemicu Kanker yang Harus Diwaspadai"