Jenis Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak dan Bayi

Mungkin Anda tidak pernah tahu, jika banyak sekali bayi yang baru dilahirkan di dunia ini dengan penyakit jantung bawaan yang apabila tidak segera ditangani dengan benar dan cepat akan mengakibatkan bayi atau anak meninggal. Penyakit jantung bawaan merupakan penyakit pembunuh yang paling banyak memakan korban anak-anak yang berusia di bawah 1 tahun, khususnya di Australia.

Hampir setiap hari adan 6 bayi Australia yang dilahirkan dengan penyakit mematikan ini sehingga bisa dipastikan jika kurang lebih ada 2000 anak yang mengalami penyakit ini dalam satu tahun. Sayangnya, penyakit ini belum ditemukan bagaimana caranya agar bisa dijauhkan dari anak-anak dan pengobatan yang dilakukan pun tidak 100% menyembuhkan. Kurang lebih sebanyak 20% penyakit ini akan diturunkan oleh para orang tua yang positif menderita cacat jantung. Simak dengan baik serba serbi mengenai penyakit ini di bawah ini.

Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

penyakit-jantung-bawaan-bayi-anakCiri yang muncul pada anak

Penyakit jantung bawaan pada anak sangat banyak sekali jenisnya. Anak yang memiliki penyakit ini akan mudah merasa lelah disaat sedang beraktivitas, sayangnya ciri ini seringkali dinilai normal oleh para orang tua sehingga mereka tidak menganggapnya sebagai suatu hal khusus yang patut untuk diwaspadai.

Anak yang menderita penyakit ini, umumnya menampakkan beberapa ciri, diantaranya adalah terdapat biru di mulut, berat badan yang tidak bisa naik dengan normal bahkan kekurangan gizi, sesan napas, biru di ujung jari kaki dan jari tangan, seringkali mengalami infeksi pada saluran napas bawah dan masih banyak lagi.

Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi

Ciri yang muncul pada bayi

Ciri-ciri yang akan muncul disaat seorang bayi mengalami penyakit jantung bawaan pada bayi diantaranya adalah tidak nafsu untuk makan dan seringkali memuntahkan makannya. Bayi yang mengalami dua hal tersebut, tentunya membuat Anda merasa khawatir dan bertanya-tanya mengenai apa gangguan kesehatan yang sedang terjadi dan ditunjukkan oleh bayi Anda. Ciri-ciri ini sangat memungkinkan jika ada gangguan kesehatan pada jantung bayi, untuk lebih akuratnya, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter anak.

Ragam jenisnya

Jenis penyakit jantung bawaan khususnya yang dialami oleh anak-anak, sangatlah beragam, setidaknya ada 5 jenis dari penyakit ini yang bisa diderita oleh anak, diantaranya.

– VSD merupakan kelainan pada jantung yang berupa lubang di sekat antarbilik jantung yang mana akan menyebabkan terjadinya kebocoran aliran darah tepatnya pada bilik kanan serta bilik kiri jantung.

– Persisten Duktus Arteriosus (PDA). Duktus arteriosus merupakan pembuluh darah yang akan menghubungkan arteria pulmonalis tepatnya dengan bagian aorta distal yang berasal dari arteria subklavia yang mana akan mengalami perubahan sesaat bayi lahir.

– PS merupakan penyempitan katup baru yang mana berfungsi untuk mengatur aliran darah yang rendah akan kadar oksigen dari bilik kanan jantung menuju ke paru-paru.

– ASD merupakan terdapatnya lubang tepatnya di antara 2 serambi jantung maupun terdapat hubungan di antara atrium kanan dan atrium kiri yang tidak mampu ditutu oleh katup.

– TOF merupakan komplikasi kelainan pada jantung bawaan yang sangat khas dan akan melibatkan empat kondisi, yakni sekat bilik jantung berlubang (VSD), terjadinya penyempitan katup paru (PS) dan bilik kanan jantung yang membesar (hipertrofi) serta akar aorta tepatnya terletak di atas lubang VSD.

Gejala penyakit jantung bawaan biasanya akan ditemukan disaat seseorang masih berusia kanak-kanak, namun tidak semua kelainan jantung bawaaan dapat menimbulkan gejala disaat baru lahir, dalam beberapa kasus penyakit ini, beberapa orang akan menunjukkan gejala disaat sudah dewasa.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Jenis Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak dan Bayi"