Jenis Sakit Kepala dan Ciri-cirinya

No comment 3843 views
Jenis Sakit Kepala dan Ciri-cirinya

Jenis Sakit Kepala dan Ciri-cirinya

Pernahkan Anda mengalami sakit kepala yang berbeda tempat? Juga, apakah Anda tahu jenis dan ciri-cirinya?

Sakit kepala merupakan penyakit yang lazim diderita oleh semua orang dari semua golongan umur. Berbagai jenis sakit kepala dan ciri-cirinya sebenarnya sangat mudah untuk didiagnosis, namun untuk mendapatkan perawatan secara tepat alangkah sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Juga, karena jenis sakit kepala satu berbeda dengan sakit kepala yang lain sehingga membutuhkan penanganan yang berbeda pula.

Pada dasarnya, jenis sakit kepala secara garis besar dibedakan menjadi dua kategori umum, yaitu sakit kepala karena aktifitas dan penyakit. Namun menurut menurut forum internasional tentang sakit kepala (International Headache Society), sakit kepala dibedakan menjadi tiga golongan berbeda, yakni sakit kepala primer, sekunder dan sakit kepala akibat saraf. Berikut adalah penjelasan tentang jenis sakit kepala dan ciri-cirinya.

Migrain

Migrain merupakan jenis sakit kepala paling sering dijumpai pada sebagian banyak orang. Migrain, atau yang biasa disebut dengan sakit kepala sebelah, biasa terjadi karena pengaruh dari luar, misalnya stress. Stress yang berlebihan dapat memicu terjadinya migrain dan dapat menyebabkan rasa sakit di kepala sebelah kanan maupun kiri. Selain stress, migraine juga dapat terjadi karena pengaruh cuaca, makanan dan permasalahan hormonal.

Jenis sakit kepala migrain mempunyai ciri-ciri diantaranya gangguan penglihatan (berkunang-kunang), mual, muntah, nafsu makan berkurang dan sensitive terhadap cahaya. Sakit kepala migraine biasanya berlangsung hingga 24 jam. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk merubah pola hidup agar terhindar dari migrain.

Cluster

Jenis sakit kepala cluster biasanya terjadi secara periodik, dan akan selalu terulang diwaktu tertentu. Cluster utamanya terjadi ketika seseorang bangun tidur pada waktu-waktu tertentu, misalnya sore hari. Sakit kepala jenis ini biasanya lebih sering terjadi pada pria dan hanya sedikit wanita yang pernah mengalami.

Jenis sakit kepala cluster ditandai dengan hidung tersumbat, keluar air mata dan gelisah. Penyakit ini juga timbul lebih disebabkan berhubungan dengan waktu, dan sering muncul akibat konsumsi alcohol dan rokok. Cluster terjadi akibat dari bagian otak yang mengatur pembagian waktu menjadi kacau.

Tension

Tension merupakan jenis sakit kepala akibat tekanan dari luar. Penyakit ini umumnya diderita oleh orang-orang yang bekerja dengan duduk selama berjam-jam sehingga membuat otot di sekitar leher dan kepala menjadi tegang. Walaupun tingkat keparahannya hanya sedang, namun hal ini tentunya sangat menganggu aktifitas.

Tension lebih sering terjadi di area dahi dan alis, karena merupakan akumulasi dari otot dahi, kepala dan leher yang tegang. Untungnya, tidak ada gejala yang terlihat dari jenis sakit kepala ini, sehingga anda tetap bisa melanjutkan aktifitas.

Infeksi

Infeksi juga memberikan andil terhadap terciptanya sakit kepala. Infeksi seperti meningitis akan membuat sakit kepala menjadi lebih berbahaya. Sakit kepala karena meningitis tergolong sangat berat, sehingga hal ini harus segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Sakit kepala karena infeksi biasanya ditandai dengan muntah, demam, nyeri tenggorokan, badan kaku, dll.

Tumor

Tumor yang mengganas dapat mengakibatkan kepala mengalami sakit yang berat. Selain membuat kepala sakit, tumor juga dapat menyebabkan infeksi telinga dan juga rematik. Sakit kepala karena tumor akan terasa di seluruh bagian kepala. Juga, kadang penderita dapat mengalami kejang-kejang, gangguan penglihatan dan lemah.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Jenis Sakit Kepala dan Ciri-cirinya"