Kebiasaan-kebiasaan yang Merusak Tubuh

No comment 1462 views

Meski telah melakukan olah raga secara rutin untuk menjaga tubuh tetap sehat, namun sebagian orang tidak sadar bahwa beberapa kebiasaan yang dilakukannya ternyata dapat merusak tubuh. Gaya hidup tidak sehat adalah salah satu kebiasaan yang merusak tubuh, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Setiap orang tentu memiliki aktifitas harian yang berbeda. Beberapa kebiasaan yang dianggap sepele justru menyimpan fakta dapat merusak tubuh atau mengganggu kesehatan tubuh. Untuk menjaga tubuh tetap sehat memang membutuhkan perhatian yang ekstra. Selain rutin melakukan olah raga yang didukung dengan makanan sehat.

kebiasaan yang Merusak TubuhKebiasaan-kebiasaan yang Merusak Tubuh

Ternyata untuk menjaga kesehatan tubuh masih harus ditambah dengan memperhatikan setiap kebiasaan sepele yang dilakukan namun berakibat merusak tubuh. Berikut sejumlah kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak tubuh.

  • Menggunakan Handphone Berjam-jam

Handphone yang saat ini menjadi kebutuhan utama bagi semua kalangan ternyata dapat merusak tubuh terutama jika dilakukan dalam waktu yang lama atau berjam-jam. Apalagi mengingat aplikasi yang banyak dan menarik membuat semua orang betah berlama-lama memegang HP nya. Sinar pada handphone dapat memberikan dampak buruk bagi mata.

  • Duduk Berjam-jam

Biasanya ini terjadi para pekerja kantor yang kerjanya hanya duduk di depan meja. Memang duduk tidak akan membuat capek, namun jika dilakukan berjam-jam maka peredaran darah akan terhambat.

  • Menonton TV Terlalu Lama

Kebiasaan satu ini banyak disukai, namun ada baiknya agar membatasi waktu menonton TV. Terlalu lama menonton TV dapat merusak mata. Ditambah jika menonton TV disertai ngemil resiko yang muncul akan bertambah yakni kegemukan atau obesitas.

  • Memakai Headset Berjam-jam

Mendengarkan musik menggunakan headset merupakan hobi sebagian orang. Namun perlu diketahui, bahwa menggunakan headset atau headphone dapat merusak telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran.

  • Membawa Tas Terlalu Berat

Seringkali tiap orang memasukan banyak barang dalam tas sehingga membuat bobot tas menjadi berat. Padahal menggendong tas terlalu berat dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan seperti sakit punggung, leher serta membentuk postur tubuh yang kurang ideal.

  • Memakai Sepatu Hak Tinggi

Kebiasaan ini khususnya dilakukan bagi para wanita. Jika kebiasaan memakai sepatu dengan hak tinggi membuat tekanan berlebih pada sendi sehingga beresiko menyebabkan radang sendi, cedera tumit, serta dapat mempengaruhi postur tubuh.

  • Kurang Minum Air

Meski telah banyak informasi mengenai pentingnya minum air. Namun masih banyak orang yang mengabaikannya. Minimnya konsumsi air dapat menimbulkan kekurangan cairan dalam tubuh. Dengan begitu beberapa fungsi organ akan terhambat saat tubuh tidak mendapatkan air yang cukup

  • Melewatkan Sarapan

Sebagian orang merasa malas untuk sarapan, padahal dengan sarapan dapat menjaga keseimbangan karbohidrat, protein serta lemak dalam tubuh. Kebiasaan melewatkan sarapan dapat membuat setiap orang makan lebih banyak saat waktunya makan. Kebiasaan sepele ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

  • Begadang

Kebiasaan satu ini kerap dilakukan banyak orang karena alasan tertentu. Padahal dengan begadang dapat membuat jam istirahat tubuh berkurang. Dengan kurangnya waktu tidur atau jam istirahat dalam jangka waktu panjang dapat merusak tubuh. Karena umumnya kurang tidur karena begadang dapat membuat daya tahan tubuh menurun.

  • Tidak Mendapat Sinar Matahari

Banyak orang yang memiliki aktifitas seharian di dalam ruangan tanpa terpapar sinar matahari. Padahal sinar matahari merupakan sumber vitamin D terbaik bagi kesehatan tubuh. Pukul 7 hingga 9 pagi merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Mulai saat ini, berhentilah melakukan kebiasaan yang dapat merusak tubuh.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Kebiasaan-kebiasaan yang Merusak Tubuh"