Kenali Makanan pemicu Hipertensi dan Penanganannya

Ketika kita mendengar kata Hipertensi/Darah Tinggi, yang di benak kita mungkin membayangkan seseorang yang kerja terlalu Stress sehingga tekanan darahnya jadi tinggi karena tidak di kontrol. Akan tetapi pada dasarnya hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam, karena tanpa melakukan pengukuran tekanan darah, sulit untuk di ketahui bahwa seseorang terkena Gejala Hipertensi atau sudah mengidap Hipertensi.Kenali Makanan pemicu Hipertensi dan Penanganannya

Pada umumnya pola makan yang jadi kecendrungan seseorang mengidap Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi ini, terutama karena kurangnya mengontrol asupan garam atau Sodium, tapi cara untuk menjaga tekanan darah pada kisaran normal, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan juga selain hanya mengurangi asupan garam.

Berdasarkan tingkat Tekanan Darah, Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi di bagi menjadi beberapa kategori :

Tekanan Darah Sistolik Tekanan Darah Diastolik
(angka atas) (angka bawah)
Normal 120 mmHg Dan 80 mmHg
Pre-Hipertensi 121 – 139 mmHg Atau 80 – 89 mmHg
Hipertensi Ringan 140 – 159 mmHg Atau 90 – 99 mmHg
Hipertensi Sedang 160 – 179 mmHg Atau 100 – 110 mmHg
Hipertensi Berat ≥ 180 mmHg Atau ≥ 111 mmHg

Bagaimana cara mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi? Perhatikan hasil pengukuran tekanan darah. Angka pertama dari hasil pengukuran adalah tekanan darah sistolik, yang berarti ukuran tekanan dalam arteri ketika jantung Anda berdenyut. Kemudian angka yang berikutnya adalah tekanan diastolik yang mengindikasikan tekanan di antara detak jantung ketika jantung Anda beristirahat. Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80

Ketika hasil pengukuran tekanan darah melebihi kisaran normal, maka dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Prahipertensi. Tekanan darah yang kisaran antara 120-139 untuk angka sistolik atau 80-89 untuk tekanan diastolik.
  • Hipertensi tahap 1. Jika tekanan sistolik Anda 140-159 atau tekanan diastolik 90-99.
  • Hipertensi tahap 2. Pada saat tekanan sistolik 160 atau lebih tinggi atau tekanan diastolik 100 atau lebih tinggi.

Atur Pola Makan dan Hidup Sehat

Banyak dari kita untuk masalah makan kurang pengaturannya, beberapa faktor mungkin karena penyakit yang disebabkan oleh makan kita belum bersarang, atau juga karena usia masih muda, jadi tidak berfikir akan terkena Hipertensi. Dari beberapa gejala yang mulai terasa di tubuh kita, akan menyadarkan kita sementara waktu impact dari pola makan yang tidak kita atur tadi.

Umumnya makanan yang mangandung tinggi kandungan Sodium yang dapat memicu Hipertensi dapat kita kurangi untuk menkonsumsinya, antara lain :

  • Makanan kemasan dalam kaleng
  • Makanan di Proses (sosis)
  • Fast Food (Makanan cepat siap saji)

Selain dari Garam dan Sodium, sebaiknya anda kurangi kadar penggunaan Kecap Asin dalam proses memasak makanan, roti, saus tomat, saus sambal, camilan kerupuk dan kacang yang telah dibumbui. Ada baiknya kurangi pula untuk terlalu sering makan makanan di luar, karena umumnya makanan enak yang biasa kita beli di luaran terlalu banyak penggunaan Sodium (Penyedap Makanan) tanpa takaran. Kebiasaan yang kurang sehatpun jadi pemicu Tekanan Darah Tinggi/Hipertensi, antara lain kebiasan merokok, minum Minuman ber-kafein tinggi atau ber-alkohol.

Pola makan yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Ada empat prinsip utama pola makan DASH :

  • Tingkatkan asupan nutrisi dari gandum, ikan, unggas, dan kacang-kacangan.
  • Perbanyak juga konsumsi buah, sayur, dan produk susu rendah lemak.
  • Kurangi garam, makanan dan minuman manis, serta daging merah.
  • Kurangi juga makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans.

Jadi mau sehat, mungkin anda bisa mengikuti cara untuk menjaga tekanan darah seperti diatas, tetapi semua kembali kepada kita lagi. Dengan pola makan yang di atur dan juga imbangi dengan rutin olah raga mudah-mudahan bisa terhindar dari Hipertensi ini.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Kenali Makanan pemicu Hipertensi dan Penanganannya"