Kenapa Mata Berkunang-kunang?

No comment 8519 views
Kenapa Mata Berkunang-kunang?

Kenapa Mata Berkunang-kunang?

Mata yang berkunang-kunang sangat mengganggu penglihatan. Terlebih jika penyebabnya adalah karena paparan sinar atau cahaya. Bukan hanya itu saja, banyak faktor-faktor lain yang menyebabkan kenapa mata berkunang-kunang. Kondisi mata ini bisa berlangsung hanya beberapa saat dan dalam beberapa kasus yang ekstrim bisa menjadi lama.

Bisa jadi, mata berkunang-kunang adalah tanda dari penyakit lain. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan mata, lebih sering dicirikan dengan kondisi ini. Keadaan mata seperti ini bisa disebabkan karena mata mengalami kelelahan, hingga tanda bahwa tubuh mengalami hipotensi. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa mata berkunang-kunang.

Kurang darah

Ciri-ciri pertama orang dengan kondisi kurang darah adalah mata yang berkunang-kunang. Kondisi ini disebabkan karena darah tubuh tidak tersalurkan secara menyeluruh ke bagian tubuh yang lain. Sebagai contoh, jika Anda duduk lalu berdiri, ini membuat sirkulasi darah ke otak tidak akan secara langsung disampaikan. Lakukan cek secara berkala untuk mengetahui tingkat tekanan darah Anda.

Visus mata

Visus berhubungan dengan ketajaman penglihatan atau kejernihan mata. Ketajaman penglihatan berhubungan dengan fokus retina dalam bola mata. Hal ini bisa Anda alami ketika sedang menatap pemandangan yang jauh. Dalam kejadian ini, retina bekerja sangat keras untuk mendapatkan fokus yang tepat. Dan ketika ini tidak terjadi, maka mata akan berkunang-kunang. Gunakan alat bantu untuk mengatasi hal ini.

Hipotensi

Merupakan suatu keadaan dimana kondisi darah berada dalam tahap rendah. Hipotensi merupakan penyebab paling sering yang membuat mata berkunang-kunang. Hipotensi atau tekanan darah rendah dapat memicu mata berkunang-kunang karena berhubungan dengan darah yang tidak lancar mengalir. Periksalah secara rutin untuk mengetahui kadar tekanan darah Anda.

Astenopia (kelelahan)

Kondisi astenopia terjadi ketika mata digunakan secara terus menerus hingga mengalami kelelahan. Mata lelah jika tidak diistirahatkan akan mengakibatkan astenopia. Kelelahan bisa juga diakibatkan dari kondisi psikologis maupun maupun fisik. Maka dari itu, istirahatkan mata sesekali sebelum melanjutkan aktifitas.

Vertigo

Vertigo adalah situasi dimana kondisi keadaan seperti berputar. Kejadian bisa dikarenakan beberapa sebab seperti virus, trauma dan gangguan aliran darah ke otak. Hal yang perlu Anda ketahui adalah vertigo bukan merupakan jenis penyakit, hanya kondisi sementara. Jadi Anda tidak perlu kuatir saat vertigo terjadi.

Cuaca panas

Bagi beberapa orang, cuacana panas dapat memberi efek tersendiri terhadap mata yang sensitif. Cuaca panas seolah-olah membuat tubuh kita mengalami kenaikan suhu yang membuat kita pusing dan mata menjadi berkunang-kunang. Untuk mengatasi hal ini, pakailah pelindung mata seperti kaca mata atau lensa kontak, juga penutup kepala.

Kurang tidur

Tidur merupakan salah satu cara bagi untuk untuk mengembalikan tenaga. Tidur yang teratur juga dapat memperbarui sel-sel yang rusak dan mati. Kurang istirahat akan menyebabkan mata mengalami kondisi ini karena tubuh belum bisa mengembalikan energi yang terpakai, begitupun mata. Mulai sekarang, atur waktu istirahat Anda dengan tepat.

Glaucoma

Merupakan kondisi air mata yang tersumbat sehingga tidak bisa keluar. Air mata merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga mata tetap bersih dan terairi. Selain itu, air mata juga berfungsi untuk menjernihkan mata dan membuatnya tetap basah. Untuk mengatasi keadaan glaucoma ini, pakailah pelindung mata dan obat tetes mata.

Sebenarnya masih ada banyak penyebab lain sehubungan dengan penyebab mata berkunang-kunang. Namun dari banyak penyebab, kondisi di atas merupakan penyebab paling banyak yang dialami oleh sebagian besar orang. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan mata agar tidak terjadi sesuatu yang berlebihan.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Kenapa Mata Berkunang-kunang?"