Kenapa Telinga Berdengung Sebelah?

No comment 4800 views
Kenapa Telinga Berdengung Sebelah?

Kenapa Telinga Berdengung Sebelah?

Banyak mitos yang dikaitkan ketika kuping berdengung, mulai dari mitos baik sampai yang buruk. Kuping berdengung terjadi pada saat tertentu saja, misalnya ketika sedang berada dikeramaian atau ketika sedang sunyi. Dengungan yang terjadi di telinga bisa jadi menandakan situasi tidak normal dalam organ telinga. Telinga berdengung sebelah merupakan pertanda bahwa telinga mengalami gangguan sinyal pendengaran.

Dalam bahasa kedokteran, gangguan pada telinga disebut tinnitus. Tinnitus bisa terjadi dengan berbagai macam cara, seperti telinga berdengung, telinga berdesis, sensasi bergemuruh dan lainnya. Tinnitus merupakan kondisi abnormal yang disebabkan saraf pada telinga mengalami kerusakan.

Secara fisik, telinga manusia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga bagian dalam. Masing-masing bagian telinga mempunyai fungsi tersendi ketika mendengarkan suara. Ketika suara terdengar, maka telinga bagian luar dan tengah akan mengantarkan sinyal ke telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam kemudian akan merubah sinyal suara menjadi sinyal listrik yang akan disalurkan ke otak.

Gangguan pada salah satu bagian telinga akan membuat pendengaran terganggu. Maka dari itu jagalah telinga dari suasana terlalu bising. Telinga merupakan salah satu indra, karena tanpa telinga kita kesulitan untuk berkomunikasi. Menjaga kesehatan telinga juga perlu, sebagaimana layaknya menjaga bagian tubuh lain.

Penyebab telinga berdengung

Berbagai faktor dikemukakan oleh banyak orang, mulai dari yang berkaitan dengan mistis hingga yang bersifat medis. Salah satu penyebab yang kenapa telinga berdengung sebelah adalah kondisi telinga yang kotor.

  • Telinga kotor

Debu yang masuk ke telinga akan menghalangi sinyal suara yang diantarkan. Sesekali bersihkan secara manual.

  • Alergi

Alergi dapat memicu keluarnya lendir dari dalam telinga. Lendir yang keluar biasanya berbau busuk.

  • Suara bising

Telinga manusia mempunyai batas toleransi terhadap suara yang kencang. Suara yang terlalu bising akan merusak gendang telinga.

  • Kemasukan air

Ini adalah kejadian paling dialami orang-orang. Berhati-hatilah ketika mandi atau cuci muka agar air tidak masuk.

  • Penyakit lain

Penyakit seperti flu atau pilek dapat mengganggu pendengaran. Ini disebabkan karena saraf yang berdekatan dan terhubung.

  • Usia

Tidak bisa dipungkiri bahwa usia yang semakin menua juga akan membuat semua fungsi organ tubuh mulai berkurang dan melemah.

Cara mengatasi telinga berdengung

Ada berbagai cara untuk mengatasi kenapa telinga berdengung sebelah. Untuk kasus yang terbilang ringan, perawatan telinga berdengung dapat dilakukan sendiri. Namun pada kasus yang lebih ekstrim, prosedur medis perlu dilakukan tentu dengan saran dokter ahli.

  • Tiup telinga

Meniup telinga dengan pelan akan mengeluarkan kotoran dari telinga. Meniup telinga juga akan menghilangkan tekanan udara yang berbeda dalam telinga.

  • Bersihkan telinga

Bersihkan menggunakan cotton bud, tapi jangan terlalu sering karena akan mengurangi sensifitas saraf dalam telinga.

  • Posisi istirahat yang benar

Posisi tidur yang salah akan menekan gendang telinga. Tekanan jika dibiarkan terus akan membuat gendang telinga mengalami kerusakan.

  • Ubah gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat akan memicu timbulnya stress. Stress yang tinggi menyebabkan telingan berdengung.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Kenapa Telinga Berdengung Sebelah?"