Ketahui Dampak dan Resiko Kurang Tidur

No comment 1744 views

Tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia yang paling alami. Aktifitas tidur sangat berkaitan erat dengan fungsi metabolisme tubuh dalam meregenerasi sel-sel tubuh. Ketika tidur, tubuh akan melakukan pembaruan terhadap sel-sel yang rusak sehingga tubuh akan tetap berada dalam kondisi bugar. Wajah pucat merupakan salah satu dampak dan resiko kurang tidur.

Dalam proses istirahat, tiap organ dalam tubuh akan melakukan metabolisme masing-masing, termasuk kulit. Maka jangan heran, jika wajah terlihat pucat setelah bangun tidur, itu merupakan salah satu resiko kurang tidur. Sebenarnya ada banyak resiko yang dapat dialami jika tubuh kurang istirahat. Misalnya, kulit wajah akan tampak pucat, badan masih terasa pegal, dan resiko lainnya.Ketahui Dampak dan Resiko Kurang Tidur

Dampak dan resiko kurang tidur

Sudah menjadi rahasia umum jika tidur dapat mengembalikan energi tubuh dan menyegarkannya. Oleh karena itu, tubuh harus diistirahatkan paling tidak selama delapan jam perhari untuk menyegarkan organ tubuh melalui metabolisme. Ada banyak dampak yang terjadi sebagai resiko kurang tidur, berikut beberapa diantaranya:

  • Mengurangi fokus

Tidur dibutuhkan guna mengembalikan fungsi tubuh ketahap normal lagi, ini dikarenakan pikiran akan menjadi segar sehingga fokus akan tetap terjaga. Sebaliknya, kurang tidur dapat mengakibatkan terganggunya fokus. Hal ini sering dialami oleh para pelajar dan bekerja yang beraktifitas penuh namun kurang istirahat. Sebaiknya, jaga pola tidur agar tetap bisa fokus pada aktifitas yang dilakukan.

Salah satu tanda yang paling terlihat dari kurang tidur adalah kulit yang menjadi pucat. Ketika tidur, kulit tubuh akan memperbarui diri melalui metabolisme yang dilakukan. Beberapa referensi menyatakan bahwa, regenerasi kulit tubuh akan terjadi ketika pukul 22-24. Oleh karena itu, gunakan waktu tersebut secara bijak dengan mengistirahatkan tubuh.

  • Memicu stress

Salah satu resiko dari kurang adalah memicu stress. Kejadian seperti ini biasanya dialami oleh kebanyakan pelajar. Pada awalnya, kurang tidur akan menyebabkan konsentrasi terganggu. Karena konsentrasi yang terganggu, pikiran akan terus aktif dan mengulang hal yang sama sampai menemukan solusinya. Lama-kelamaan kondisi akan membuat stress orang tersebut. Untuk menghindari ini, gunakan waktu tidur dengan semestinya.

  • Menunda proses penyembuhan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, tidur merupakan salah satu cara tubuh melakukan pembaruan terhadap sel-selnya. Tidak hanya kulit, segala organ tubuh juga akan melakukan regenerasi dengan mengganti sel lama menjadi baru. Sebagai contoh, kulit akan melakukan regenasi jika sobek dengan cara menutup luka menggunakan sel-sel kulit baru. Keadaan kurang tidur menyebabkan kulit tidak menyembuhkan diri secara cepat karena aliran metabolisme terganggu.

  • Menyebabkan emosi

Salah satu dari resiko kurang tidur adalah perasaan yang tidak menentu ata labil, dan lebih ke emosi. Faktor ini biasanya dipengaruhi oleh pikiran yang tidak beristirahat dengan sempurna, hasilnya adalah ketika bangun emosi terasa meningkat. Meskipun begitu, kebanyakan tidur kadang juga menghasilkan efek yang kurang lebih sama. Jadi, tidurlah dengan frekuensi yang cukup dan tidak berlebihan.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Ketahui Dampak dan Resiko Kurang Tidur"