Ketahui Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya

Ada banyak penyebab kenapa mulut mengeluarkan bau yang menyengat, salah satunya adalah kurang menjaga kebersihan mulut. Mulut yang tidak sehat dapat memicu pertumbuhan kuman dan bakteri yang secara tidak langsung akan mempengaruhi terjadinya bau mulut. Penyebab bau mulut yang paling umum terjadi karena masalah kesehatan yang terjadi pada bagian mulut.

Bau mulut juga bisa menjadi pertanda tentang kondisi kesehatan dan perilaku kehidupan seseorang. Bagi orang-orang yang mempunyai gaya hidup sembarangan seperti memakan apa saja, faktor ini kadang akan mempengaruhi terjadinya bau mulut. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab bau mulut.

  • Kurang menjaga kebersihan

Kebersihan mulut menjadi faktor penting terhadap terjadinya bau mulut. Kebersihan mulut yang kurang, seperti membiarkan sisa makanan tertinggal, akan memicu terjadinya bau tidak sedap pada mulut.

  • Konsumsi makanan berbau tajam

Bau mulut juga dapat terjadi karena pengaruh dari makanan yang kita konsumsi. Beberapa jenis makanan yang mengeluarkan bau menyengat seperti jengkol, petai, bawang putih dan lainnya, akan memberikan pengaruh besar terhadap keluarnya bau mulut. Untungnya, bau mulut yang dihasilkan dari beberapa jenis makanan di atas hanya bersifat sementara.

  • Produksi air liur yang tidak memadai

Air liur membantu dalam menelan makanan dan membunuh kuman maupun bakteri yang masuk ke dalam mulut. Produksi air liur yang kurang akan membuat bakteri berkembang pesat dengan memproduksi zat sulfur sehingga mengakibatkan bau mulut.

  • Kondisi kesehatan

Bau mulut juga bisa dijadikan sebagai tanda kesehatan seseorang. Seseorang yang mengalami penyakit terutama pada area mulut seperti amandel, diabetes, sinusitis dan mulut kering, akan lebih mempunyai resiko terkena bau mulut.

  • Bakteri

Dalam mulut kita terdapat ribuan bakteri. Bakteri ini biasanya berkumpul pada permukaan lidah atau atau pada gigi yang berlubang. Bakteri ini akan mengeluarkan bau ketika sedang melakukan proses perkembang-biakan.

Ketahui Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya

Ketahui Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya

Menghilangkan bau mulut

Dalam keadaan normal, bau mulut yang terjadi dapat dihilangkan dengan beberapa upaya mudah. Namun dalam keadaan tertentu, bau mulut menjadi sangat sulit untuk dihilangkan. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter ahli agar memperoleh perawatan yang tepat.

Ini adalah cara pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau mulut. Gosoklah gigi secara rutin untuk menghilangkan sisa makanan yang masih terdapat dalam mulut. Tidak hanya itu, lidah juga harus disikat untuk menghilangkan beberapa bakteri yang menempel.

  • Konsumsi air putih

Kekurangan air liur diakibatkan konsumsi air yang kurang, untuk itu cobalah untuk mengkonsumsi air putih sesuai dengan yang disarankan. Air putih akan menambah jumlah produksi air liur di mulut sehingga akan mencegah mulut kering.

  • Hindari makanan berbau tajam

Untuk menghilangkan bau mulut, cobalah untuk beberapa saat menghindari konsumsi makanan yang berbau tajam. Hal ini akan mencegah terjadinya bau pada mulut.

  • Konsumsi makanan berserat

Produksi air liur juga dipengaruhi oleh asupan serat tubuh. Konsumsi sayur dan buah seperti apel dan buah kesemek dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat mencegah berkembangnya kuman dalam mulut.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Ketahui Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya"