Ketahui Resiko Ngemil Malam Hari yang Harus Dihindari

Hampir sebagian besar orang menyukai ngemil atau makan makanan ringan. Kebiasaan ini hampir dilakukan oleh kebanyakan orang, dan dianggap menyenangkan terutama saat menonton tv atau membaca buku. Padahal, ada banyak resiko ngemil malam hari yang harus dihindari demi menjaga kesehatan.

Perlu diwaspadai jika kebiasaan ngemil dilakukan pada malam hari. Pasalnya, studi menunjukan makan makanan berat maupun ringan pada malam hari beresiko menimbulkan beragam masalah pada kesehatan. Salah satu masalah utama yang tentu akan dialami yaitu naiknya bobot badan hingga dapat menyebakan diabetes. Ini dikarenakan makan pada malam hari tidak akan dicerna sebagai energi melainkan diubah menjadi lemak dalam tubuh.

Ketahui Resiko Ngemil Malam Hari yang Harus DihindariTerutama jika cemilan yang dikonsumsi pada malam hari berupa makanan yang tinggi lemak dan gula. Hal ini akan semakin membuat berat badan meningkat hingga meningkatkan resiko diabetes serta kolesterol. Untuk itu, jika sudah terlajur sering ngemil pada malam hari ada baiknya untuk segera berhenti dan mulai dengan hidup sehat, yaitu dengan menjaga pola makan dan hindari untuk begadang agar tidak menyebabkan lapar pada malam hari yang akan mendorong keinginan untuk ngemil.

Ketahui Resiko Ngemil Malam Hari yang Harus Dihindari

Jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan, tentu akan menimbulkan resiko buruk pula bagi kesehatan, Simak beberapa resiko ngemil di malam hari bagi kesehatan tubuh.

Dampak buruk ngemil pada malam hari yang mungkin telah diketahui banyak orang yakni dapat menyebabkan kegemukan. Pada malam hari, seseorang cenderung tidak melakukan aktifitas berat apapun dan biasanya akan langsung tidur. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi pada malam hari terutama cemilan yang tinggi kalori tidak akan diolah menjadi energi melainkan menjadi lemak yang akan menumpuk dalam tubuh sehingga menyebabkan kegemukan.

  • Gangguan Metabolisme

Ngemil di malam hari sama hal nya mengacaukan waktu sistem biologis tubuh. Hal ini dikarenakan beberapa hormone yang mengikuti ritme atau disebut ritme sirkadian terganggu. Tubuh akan mengalami gangguan metabolisme saat ritme tersebut terganggu. Selain itu, ngemil pada malam hari membuat penumpukan lemak sehingga sistem metabolisme cenderung tidak bekerja dengam maksimal bahkan mengalami masalah atau gangguan seperti melambatnya pencernaan.

  • Masalah Gigi

Tidak sedikit orang yang mengabaikan gosok gigi sebelum tidur. Terutama sering ngemil pada malam hari serta cemilan yang dikonsumsi merupakan makanan manis atau mengandung gula. Jika tidak diakhiri dengan gosok gigi, maka resiko masalah pada gigi seperti kerusakan dan gigi berlubang akan timbul. Ini dikarenakan bakteri akan mudah berkembang gigi yang terdapat sisa makanan.

  • Terganggunya Pola Makan

Saat terbiasa ngemil pada malam hari, maka akan berdampak pada terganggunya pola makan. Pola makan akan tidak terkontrol. Ini dikarenakan saat terbiasa ngemil maka akan membuat perut cepat lapar. Maka seseorang akan mengkonsumsi apa saja untuk mengenyangkan perut. Dengan terganggunya pola makan itulah yang juga menjadi resiko awal kegemukan serta diabetes.

Resiko ngemil malam hari yang paling buruk yaitu dapat meningkatkan resiko kanker, khususnya kanker payudara bagi wanita. Hal ini telah dijelaskan oleh para peneliti, bahwa glukosa dalam tubuh yang tidak diolah menjadi energi justru menjadi pemicu sel-sel kanker tumbuh. Oleh karena itu, setelah mengetahui berbagai resiko ini makan sebaiknya kebiasaan ngemil pada malam hari segera dihentikan.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Ketahui Resiko Ngemil Malam Hari yang Harus Dihindari"