Khasiat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

No comment 863 views

Khasiat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Manusia sangat tergantung dengan air. Sekitar 60% dari tubuh manusia terdiri atas air. Ini terbukti secara ilmiah bahwa manusia normal harus minum setidaknya 10-12 gelas air dalam satu hari. Itulah yang menyebabkan pentingnya air bagi kesehatan tubuh tidak terkecuali air hangat. Jika kamu kekurangan air dalam tubuh yang cukup banyak maka akan terjadi dehidrasi yang jika tidak ditangani segera akan berdampak pada kematian. Bentuk penyajian air dapat dingin ataupun hangat. Masing-masing memiliki manfaatnya sendiri.  Air hangat memiliki manfaat yang lebih jika dibanding air biasa. Berikut khasiat minum air hangat bagi kesehatan:

1.Detoksifikasi

Segala polusi dan paparan debu di udara telah menjadi racun bagi tubuh kita. Belum lagi dengan pola hidup yang tidak sehat semakin menambah tingkat racun di dalam tubuh. Minum air hangat secara rutin dan teratur dapat membuat suhu tubuh menjadi naik sehingga pengeluaran keringat menjadi lebih sering. Hal ini menyebabkan racun yang ada dalam tubuh pun keluar sehingga mencegah penyakit-penyakit lain.

2. Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, minum air putih hangat bisa menjadi  solusi penting dalam program dietmu. Diet air putih hangat dapat menjadi bahan bakar metabolisme dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga membantu tubuh untuk membakar kalori. Selain itu, air putih hangat dapat mengontrol rasa lapar yang ada. Jadi air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan menambah laju metabolisme dalam tubuh. Laju metabolisme yang bertambah membuat tubuh untuk membakar lebih banyak kalori. Kamu dapat menambahkan perasan lemon dalam air hangat. Diet dengan lemon bercampur air hangat dapat membantu menguraikan jaringan adiposa atau lemak dalam tubuh serta mengontrol nafsu makan lewat kandungan serat pectin dalam lemon sehingga sangat baik dalam proses diet.

3. Meredakan nyeri saat menstruasi

Air hangat dapat berfungsi meringankan rasa nyeri yang timbul saat menstruasi. Ketika menstruasi, otot-otot perut kadang menjadi kram. Fungsi air hangat disini adalah melemaskan otot-otot perut sehingga mengurangi rasa nyeri perut saat menstruasi.

4. Membantu memperbaiki pencernaan

Segelas air hangat setiap paginya dapat membantumu untuk mendetoksifikasi setiap bahan makanan yang tersisa. Hal ini membuat pergerakan partikel yang lebih halus dan kurang menyakitkan melalui usus, sehingga membantu dalam fungsi usus halus.

5. Mencegah batuk dan pilek

Seringkali orang awam bilang, “Perbanyaklah minum air hangat supaya lekas sembuh”. Perkataan itu benar apa adanya. Saat terkena batuk atau pilek, seseorang pasti akan merasa ketidaknyamanan di dalam hidung dan tenggorokan. Bagi batuk berdahak, tenggorokan akan dipenuhi dengan dahak akibat ketidakmampuan tubuh untuk mengeluarkan dahak. Sehingga dahak tersebut bisa menyumbat tenggorokan. Saat seperti itulah, kamu membutuhkan air hangat. Air hangat bisa melegakan hidung dan tenggorokanmu dari dahak dan ingus. Air hangat dapat berfungsi sebagai antibiotik alami sehingga melegakan hidung dan tenggorokan.

6. Menjaga kesehatan rambut

Minum air hangat juga dapat membantumu menjaga kesehatan rambut. Lewat air hangat, dia akan memberikan energi dan mengaktifkan ujung saraf akar rambut. Ini dapt mengembalikan vitalitas alami dan kesehatan rambut. Saat air hangat mengaktifkan akar rambut, dia juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut sehingga rambut tampak lebih tebal dan berkilau.

7. Meredakan sembelit

Sembelit atau dikenal konstipasi ditandai dengan kurangnya hingga tidak adanya pergerakan usus di perut. Rasa tegang saat pembersihan yang berlanjut menjadi kembung dihasilkan dari kurangnya air di tubuh. Minum air hangat dapat menjadi pilihan untuk meredakan sembelit. Minumlah segelas air hangat saat perut kosong terutama pada pagi hari. Air hangat akan membantu meningkatkan gerakan usus dan juga meningkatkan hidrasi untuk menyembuhkan sembelit.

8. Memperlancar sirkulasi darah

Saat kamu minum air hangat, segala endapan lemak di tubuh dapat hilang bersamaan dengan akumulasi sistem saraf. Oleh karena itu, khasiat minum air hangat juga dapat menghilangkan segala racun yang ada dalam tubuh dan memperlancar sirkulasi darah.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Khasiat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan"