Macam-macam Penyakit Jantung dan Gejalanya Serta Penyebabnya

Tidak sedikit orang yang mengelompokkan semua jenis penyakit kardiovaskular dalam satu kelompok yang sama, yaitu serangan jantung, padahal serangan jantung merupakan hasil akhir dari beragam penyakit jantung yang ada.

Serangan jantung adalah implikasi penyakit jantung. Kardiovaskular sendiri lebih merujuk kepada jantung serta pembuluh darah yang berfungsi untuk memasok darah ke jantung. Masalah kesehatan apa pun yang terjadi pada pembuluh darah maupun jantung beresiko besar menyebabkan penyakit kardiovaskular. Inilah macam-macam penyakit jantung yang sebaiknya Anda ketahui.

Macam-macam Penyakit Jantung dan Gejalanya

Arteri koroner

macam-macam-penyakit-jantungSalah satu penyakit jantung dari macam-macam penyakit jantung dan gejalanya adalah arteri koroner. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling umum dari penyakit jantung lainnya dimana dinding arteri mengalami penebalan yang diakibatkan oleh akumulasi lemak. Keadaan ini akan menghambat jumlah darah yang harusnya masuk ke dalam jantung dan menambah tekanan darah.

Macam-Macam Penyakit Jantung dan Penyebabnya

Trachycardia

Trachycardia adalah satu dari macam-macam penyakit jantung dan penyebabnya yang pada dasarnya merupakan istilah medis dari peningkatan denyut jantung. Detak jantung atau palpitasi yang naik bisa saja ditimbulkan karena beragam alasan, entah itu merokok, minum minuman beralkohol atau stres.

Macam-macam Penyakit Pada Jantung

Penyakit otot jantung

Penyakit otot jantung terbagi dalam macam-macam penyakit pada jantung yang baiknya Anda ketahui, karena sewaktu-waktu otot-otot jantung kita dapat melemah dan dalam hal ini, secara otomatis fungsi dari otot-otot jantung akan mengalami keterlambatan sehingga tidak bisa memompa darah dengan takaran yang mencukupi untuk tubuh.

Penyakit katup jantung

Manusia memiliki empat katup jantung dan apabila dari salah satu katup jantung tersebut tidak berfungsi dengan baik maka seseorang akan mengalami angina atau stroke yang tentunya akan sangat membahayakan bagi kesehatan orang tersebut.

Bradikardi

Merupakan istilah medis dari denyut jantung yang mengalami keterlambatan. Kondisi ini bisa saja terjadi disaat otot-otot jantung seseorang berada dalam kondisi kelelahan. Alat pacu jantung yang sengaja dipasang di organ jantung bisa saja kembali memacu denyut jantung yang terlalu lemah.

Gagal jantung

Kondisi ini seringkali terjadi disaat jantung seseorang tidak mampu untuk melakukan tugasnya dengan baik atau bahkan berhenti bekerja. Kondisi bisa terjadi disaat seseorang kehilangan banyak darahnya, adanya gangguan paru-paru bahkan karena terkejut.

Penyakit jantung bawaan

Tidak sedikit bayi yang dilahirkan dengan organ jantung yang lemah maupun lubang di jantung. Keadaan ini bisa saja diperbaik dengan melakukan operasi akan tetapi operasi yang dilakukan tidak selalu memberikan hasil yang positif.

Gangguan serebrovaskular

Hambatan dalam sirkulasi darah yang terjadi dari jantung menuju ke otak, biasa disebut sebagai penyakit serebrovaskular. Penyakit jantung yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan penderitanya mengalami stroke pada otak yang tentunya sangat membahayakan nyawanya.

Angina

Merupakan istilah medis yang mana menggambarkan rasa nyeri atau rasa sakit serta sesak di sekitar dada. Hal ini bisa saja terjadi karena dada tidak memperoleh cukup oksigen. Keadaan ini paling banyak terjadi karena disebabkan oleh penyumbatan kecil yang terjadi di arteri jantung maupun koroner.

Penyakit jantung rematik

Macam-macam penyakit jantung yang sebaiknya juga Anda ketahui adalah penyakit jantung rematik. Sejenis penyakit jantung yang disebabkan oleh infeksi bakteri sewaktu kecil yang mampu memengaruhi sendi serta katup jantung. Permasalahan jantung ini akan muncul disaat seseorang dewasa. Satu-satunya jalan yang bisa mengatasi gangguan kesehatan ini adalah dengan seringkali mengganti katup jantung dengan melakukan operasi yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi yang tidak semestinya.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Macam-macam Penyakit Jantung dan Gejalanya Serta Penyebabnya"