Macam-macam Penyakit Pada Kulit dan Penyebabnya

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang berfungsi melindungi organ dalam tubuh. Karena menjadi bagian yang terluar, maka menjadi wajar jika kulit menjadi hal pertama yang akan mendapat gangguan. Jenis gangguan pada kulit bisa bermacam-macam, ada yang ringan hingga sampai parah. Macam-macam penyakit pada kulit dapat diakibatkan oleh berbagai sebab, umumnya lebih sering dari faktor luar.

Berbagai macam penyakit pada kulit yang terjadi, bisa jadi merupakan indikator dari kesehatan tubuh atau perilaku yang tidak baik. Perilaku kurang baik yang baik, misalnya gaya hidup sembarangan, akan membuat kulit terkena jamur maupun iritasi dari luar. Paparan sinar matahari, tidak menggunakan pelembab, tersentuh benda iritan, adalah contoh dari beberapa perlakuan yang kurang baik terhadap kulit tubuh.

Kulit bisa dibilang refleksi dari kesehatan dari tubuh. Penyakit pada kulit juga merupakan parameter untuk mengukur tingkat kesehatan kita. Pada orang yang terkena kanker misalnya, kulit akan berubah menjadi keriput dan terlihat pucat. Ini dkarenakan pertumbuhan kanker yang merusak sistem dalam susunan kulit.

Macam-macam Penyakit Pada Kulit dan Penyebabnya

Macam-macam Penyakit Pada Kulit dan Penyebabnya

Macam-macam penyakit pada kulit

Penyakit yang terjadi pada kulit bisa dilihat dari jenis penyebabnya. Untuk itu, perhatikan kesehatan kulit dengan cara merawatnya. Berikut ini adalah macam-macam penyakit pada kulit yang umum terjadi dan penyebabnya.

  • Kurap

Merupakan suatu jenis penyakit kulit yang disebabkan karena jamur. Gejala yang bisa terlihat adalah terdapat bercak putih pada kulit, kulit kasar, kulit tebal dan gatal-gatal. Faktor umum penyebab kurap adalah kulit basah atau lembab yang tidak segera dikeringkan.

  • Kudis

Penyakit kulit kudis umumnya terjadi pada daerah sela-sela, baik itu sela-sela jari tangan maupun sela-sela jari kaki. Penyakit ini termasuk jenis penyakit yang dapat menular dan terjadi akibat tidak menjaga kebersihan.

  • Jerawat

Jerawat adalah jenis penyakit kulit yang terjadi khusus pada wajah. Jerawat bisa disebabkan berbagai hal diantaranya karena bakteri dan tidak menjaga kebersihan wajah. Wajah yang tidak bersih menyebabkan kotoran akan menutup pori-pori dan menghambat respirasi kulit.

  • Herpes

Gejala yang ditimbulkan akibat herpes biasanya adalah gatal dan kemerahan disekitar area yang gatal. Herpes terjadi karena virus herpes simplek (HSV). Penyakit ini umumnya justru menyerang bagian kulit yang terbuka.

  • Cacar air

Pada awalnya penyakit ini diakibatkan oleh demam. Gejala yang terlihat adalah munculnya bintik kecil berwarna merah di kulit dan berisi air. Penyakit ini akan menimbulkan sensasi gatal yang sangat.

  • Panu

Penyakit ini lebih disebabkan oleh jamur. Efek yang ditimbulkan dari panu adalah bercak putih pada kulit. Sama seperti kurap, penyakit ini terjadi karena jamur akibat kurang merawat kebersihan kulit.

  • Kutil

Jenis penyakit ini terjadi karena virus human papilmavirus. Pada beberapa kesempatan, penyakit ini dapat menular sehingga pengobatan harus dilakukan secara sungguh-sungguh.

  • Eksim

Gejala yang dihasilkan dari penyakit ini adalah kulit merah, terasa gatal, kulit bersisik dan bintik-bintik kecil yang berisi nanah. Penyakit ini biasanya menyerang kulit pada bagian paha, tangan dan kaki.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Macam-macam Penyakit Pada Kulit dan Penyebabnya"