Makan Mie Tapi Tetap Sehat, Inilah Caranya

No comment 1945 views

Makan Mie Tapi Tetap Sehat, Inilah Caranya

Mie instan memang bukanlah sesuatu yang aneh di dunia ini. Makanan satu ini terus melegenda disetiap waktunya. Setiap harinya pasti kamu pernah mengonsumsi yang namanya mie. Pembuatan dan proses memasaknya yang lebih mudha, menjadikan makanan ini menajdi kegemaran banyak masyarakat terutama para remaja. Apalagi bagi mahasiswa ataupun orang yang sedang merantau jauh dari kampung halamannya, mie instan adalah makanan sehari-hari. Harganya yang murah dan penyajian yang mudah. Tetapi kebanyakan orang menganggap bahwa mengkonsumsi mie instan itu tidaklah baik untuk tubuh bahkan ada yang menganjurkan untuk menghindarinya. Hal itu memang benar adanya agar tidak selalu mengonsumsi mie instan karena kandungan pada mie dan bumbunya dapat berefek buruk pada tubuh. Namun beberapa cara dapat kamu siasati untuk makan mie namun tetap menjaga kesehatan bagi tubuh. Beginilah caranya:

1. Berikan tambahan sayur-sayuran

Kamu dapat memilih berbagai jenis sayuran sesuai yang kamu sukai. Kamu dapat memilih beberapa sayuran seperti wortel, timun, sawi, bayam, ataupun sayuran lainnya. Karena sebisa mungkin kamu harus mengimbangi asupan makanan yang masuk ke perut agar terciptanya keseimbangan gizi di dalam tubuh. Selain itu kamu juga bisa menambahkan berbagai jenis sayuran ke dalam mie instan sehingga kamu jadi tidak gampang bosan untuk menyantapnya.

2. Kurangi penggunaan bumbu mie

Memang yang membuat mie tampak istimewa adalah dari bumbunya. Jika perlu kamu ingin menuangkan bumbu tersebut lebih banyak sehingga akan akan menambah citra rasa yang semakin membuatmu ketagihan. Namun hal yang perlu ditekankan bumbu mie instan ternyata memiliki kandungan garam dan MSG sebagai komposisi utamanya. Padahal kandungan garam dan MSG dapat berakibat buruk bagi tubuh jika penggunaannya secara berlebihan. Oleh karena itu cara menyisiatinya adalah dengan mengurangi porsi dari bumbu tersebut. Namun akan lebih baik lagi bila kamu tidak menggunakan bumbu tersebut dan lebih menggantinya dengan bumbu racikan sendiri yang kandungannya juga terjamin. Seperti meracik campuran bawang putih yang dihaluskan, takaran sedikit dari merica, gula, garam, kecap, saus atau bumbu alami lainnya dapat ditambahkan. Meskipun rasanya tidak seenak menggunakan bumbu instan tetapi segala bumbu yang kamu buat dari bahan alami tersebut lebih baik bagi kesehatan untuk dikonsumsi.

3. Jangan terlalu sering

Kamu dapat membuat jadwal kapan kamu harus makan mie atau berapa kali sekali kamu harus menyantap mie dalam satu minggu tersebut. Walaupun kamu merupakan penggemar dari mie instant, namun sebaiknya hindari untuk mengonsumsinya terlalu sering apalagi jika setiap hari. Batasi mengkonsumsi minimal 3 hari sekali atau seminggu sekali. Hal ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengurangi dan menghilangkan segala penumpukan dari zat lilin atau disebut sebagai pelapis mie yang ada dalam tubuh. Zat tersebut mempunyai kandungan yang rendah serat yang dapat membuatmu untuk susah BAB. Jika penumpukan ini terjadi secara terus menerus dan berkelanjutan dapat memicu terjadinya kanker yang tentunya penyakit ini dapat mematikan.

4. Proses memasak

Perhatikanlah secara baik-baik proses memasak mie yang benar sesuai dengan yang tertera di belakang kemasan. Hindari untuk mengonsumsi air yang digunakan untuk merebus mie instant karena air itu mengandung lapisan lilin yang ada pada mie tersebut. Jadi ketika kamu  membuat mie goreng, bilas terlebih dulu dengan air matang. Berbeda dengan mie kuah, gunakan air panas matang sebagai kuahnya sebagai langkah yang tepat untuk mengurangi jumlah zat lilin yang masuk ke dalam tubuh.

Related Post

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Makan Mie Tapi Tetap Sehat, Inilah Caranya"