Makanan Pemicu Asam Lambung

No comment 13087 views

Salah satu masalah pencernaan yang biasa dialami setiap orang yaitu naiknya asam lambung. Naiknya asam lambung atau juga sering kita sebut dengan penyakit maag merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor ini bisa saja dihasilkan dari makanan pemicu asam lambung.

Biasanya gejala yang dirasakan saat naiknya asam lambung seperti rasa nyeri dan perih pada lambung, panas di dada atau tenggorokan, sering bersendawa dan susah menelan. Jika mengalami gejala seperti itu ada baiknya untuk segera berkonsultasi dan memeriksakan agar kita mendapatkan penanganan yang tepat.Makanan Pemicu Asam Lambung

Setelah mengkonsultasikan dan memeriksakan setiap gejala yang dirasakan dengan dokter kita bisa mengetahui apakah kita memang memiliki riwayat sakit maag. Jika iya usahakan untuk menjaga dan mencegah terjadinya asam lambung.

Beberapa jenis makanan pemicu asam lambung

Banyak cara untuk mencegah terjadinya asam lambung, salah satunya dengan menghindari makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung. Berikut beberapa makanan pemicu asam lambung yang harus dihindari.

  • Coklat

Meski kita mengenal coklat dengan rasa yang manis, namun ternyata coklat memiliki sifat yang sangat asam. Selain itu coklat juga memiliki kandungan kafein dan lemak yang tinggi. Oleh karena itu coklat dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

  • Kopi

Kopi juga merupakan minuman yang memiliki kandungan kafein. Jika kita salah satu pecinta kopi, sebaiknya hindari dulu untuk meminum kopi jika tidak ingin membuat asam lambung naik bahkan bisa memperparah kondisi asam lambung.

  • Soda

Biasanya orang menyukai minuman bersoda karena dianggap menyegarkan. Namun minuman soda juga dianggap dapat memicu naiknya asam lambung. Soda merupakan minuman yang berkarbonasi sehingga dapat mengakibatkan naiknya asam lambung.

  • Makanan Berlemak Tinggi

Bagi penderita maag disarankan untuk menghindari makanan yang mempunyai kandungan lemak tinggi misalnya kambing, domba, daging sapi atau babi. Makanan tersebut akan lambat dicerna tubuh sehingga dapat memicu naiknya asam lambung. Jika memang ingin mengkonsumsi daging, usahakan dalam takaran yang tidak terlalu banyak.

  • Sayuran Pemicu Asam Lambung

Selain makanan berlemak tinggi, ada beberapa sayuran yang juga dapat memicu naiknya asam lambung yaitu seperti kubis, kembang kol, dan brokoli.

  • Gorengan

Makanan yang digoreng umumnya juga memiliki lemak tinggi yang dihasilkan dari minyak goreng. Salah satu yang menjadi makanan favorit orang Indonesia yaitu gorengan. Gorengan juga merupakan makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung karena kandungan lemaknya yang juga cukup tinggi. Sehingga ada baiknya untuk menghindari gorengan terutama jika terlalu sering karena selain memicu asam lambung juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya.

  • Alkohol

Terakhir, hindari untuk minum minuman beralkohol. Sebab selain dapat menjadi pemicu asam lambung, mengkonsumsi alcohol terutama dalam takaran yang banyak sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Makanan Pemicu Asam Lambung"