Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dari hasil penelitian yang selama ini dilakukan oleh beberapa peneliti, terungkap fakta jika bangun pagi memberikan pengaruh yang positif dalam hidup kita. Beberapa orang memiliki kebiasaan bangun yang berbeda, beberapa orang lebih suka bangun siang hari namun yang lainnya lebih suka bangun di pagi hari padahal bangun di pagi hari jauh lebih bermanfaat daripada bangun di siang hari. Berikut ini beberapa manfaat bangun pagi yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan

manfaat-bangun-pagi-utk-kesehatan-kecantikanMencegah depresi

Satu dari sekian banyak manfaat bangun pagi bagi kesehatan adalah mencegah depresi. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 di Jerman ditemukan jika depresi sangat berhubungan erat dengan kebiasaan tidur larut malam. Anda yang kerapkali mengalami depresi bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan tidur yang tidak sehat, tidur yang mencukupi akan membuat Anda bisa banging lebih pagi sehingga risiko mengalami depresi menjadi jauh lebih kecil.

Cenderung memilih untuk makan makanan sehat

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kebiasaan makan tidak sehat atau mereka yang memiliki berat badan berlebih. Studi Universitas Northwestern pada tahun 2011 telah membuktikan jika mereka yang sering bangun pagi memiliki kecendrungan untuk memilih mengkonsumsi makanan yang sehat. Tingkat BMI menjadi jauh lebih rendah daripada mereka yang kurang istirahat dan terbiasa bangun di siang hari. Setidaknya disaat Anda bangun pagi, Anda jadi memiliki banyak waktu untuk memasak makanan yang lebih sehat atau membeli bahan makanan yang lebih segar.

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kecantikan

Lebih aktif

Manfaat bangun pagi untuk kecantikan ini akan membuat Anda terhindar dari penuaan dini. Bangun di pagi hari akan meningkatkan energi dan menghilangkan rasa lelah, apalagi jika diimbangi dengan gerakan senam singkat maupun pemanasan seadanya. Setidaknya jika Anda melakukan aktivitas fisik di pagi hari, Anda akan menjadi lebih sehat dan segar, tanda-tanda penuaan pun hilang. Hal ini telah dijelaskan di dalam Journal of Applied Psychology Social pada tahun 2009.

Manfaat Bangun Pagi Untuk Ibu Hamil

Lebih ceria

Manfaat bangun pagi untuk ibu hamil ini sangat baik untuk para ibu hamil yang seringkali mengalami perubahan mood, kehilangan keceriaan karena perubahan hormon yang buruk sehingga bawaannya ingin marah atau sedih terus.

Wanita hamil yang bangun di pagi hari, pada umumnya akan memiliki mood yang lebih baik, menjadi lebih ceria dan lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang bangun di siang hari, studi ini telah dilaporkan di dalam Journal Emotion pada tahun 2012, yang menjelaskan jika sistem saraf bisa dipengaruhi oleh kebiasaan bangun di pagi hari.

Jadi akan sangat bijaksana dan jauh lebih sehat jikalau kita mulai merubah kebiasaan lama dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih baik dan bermanfaat, salah satunya adalah kebiasaan bangun siang hari yang diubah menjadi bangun pagi. Menyimak beberapa manfaat bangun pagi yang telah disebutkan di atas, tentunya Anda tidak memiliki keraguan lagi, bukan untuk memulai program bangun pagi setiap harinya.

Merangsang tubuh untuk bisa bangun di pagi hari mungkin sulit, apalagi jika Anda sudah memiliki kebiasaan bangun pagi yang melekat sejak kecil, namun alangkah bijaksananya jika Anda terus mencoba sehingga Anda bisa bangun pagi sendiri tanpa bantuan alarm atau bantuan orang lain, awalnya memang sulit, namun bila sudah terbiasa, bangun pagi akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan untuk mengawali hari yang lebih baik.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan dan Kecantikan"