Manfaat Buah Jeruk Nipis, Bali dan Purut Untuk Tubuh

Salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C adalah buah jeruk. Buah jeruk yang kita kenal dan seringkali kita konsumsi sebagai camilan sehat adalah buah jeruk dengan daging dan warna kulit orange yang memiliki cita rasa manis dan asam.

Selain orange, kita sering menggunakan buah jeruk nipis, jeruk bali atau jeruk purut dalam kehidupan sehari-hari yang diolah menjadi makanan atau minuman yang menyegarkan. Mengkonsumsi buah jeruk sangatlah baik untuk tubuh, merawat kesehatan tubuh dan kulit. Berikut ini manfaat buah jeruk untuk tubuh, mulai dari jeruk nipis hingga jeruk bali dan jeruk purut:

Manfaat Buah Jeruk Nipis

manfaat-buah-jeruk-untuk-kesehatan1. Mengatasi ambeien

Seringkali merasa tidak nyaman saat duduk bisa jadi Anda tengah mengalami ambeien, ambeien biasa terjadi pada mereka yang kurang mengkonsumsi makanan berserat, jarang bergerak, terlalu lama duduk di atas bangku yang kasar dan terlalu lama berkendara, untuk mengatasi ambeien, Anda bisa mengambil manfaat buah jeruk nipis.

Anda hanya perlu menyiapkan 10 gram akar pohon jeruk nipis yang telah dicuci bersih lalu direbus dengan memakai satu liter air, rebus selama setengah jam baru kemudian disaring, setelah itu, minum ramuan obat ini selagi hangat 3x setiap harinya.

2. Mengatasi amandel

Kandungan alami yang dimiliki oleh jeruk nipis tidak hanya efektif untuk mengatasi ambeien saja, jeruk nipis pun efektif untuk mengatasi amandel. Siapkan 3 jeruk nipis yang sebelumnya telah dicuci dan dipotong-potong, setelah itu direbus dengan dua gelas air sampai tersisa tiga perempatnya saja dan saringlah untuk diambil air rebusannya saja. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur alami yang digunakan untuk berkumur-kumur setiap hari sebanyak 3-4 kali.

Manfaat Buah Jeruk Bali

  1. Menurunkan kadar kolesterol di dalam darah

Tidak hanya jeruk nipis saja yang memiliki manfaat alami untuk tubuh dan kulit, jeruk bali pun memiliki kandungan alami yang bermanfaat untuk merawat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, salah satu manfaat buah jeruk bali adalah menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Jeruk bali memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan kandungan alami lainnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol yang mana seringkali menyumbat saluran di pembuluh darah jantung. Salah satu ilmuwan asal Israel telah melakukan penelitian pada jeruk bali, melihat adakah pengaruh pada pasiennya yang sudah melakukan tindakan pembedahan akibat jantung koroner.

Dan dari survey yang dilakukan pada 3 jenis sampel, telah dibuktikan jika pasien yang diberikan jeruk bali mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam pembuluh darahnya sedangkan pasien yang tidak diberikan jeruk bali memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Jeruk bali memiliki kandungan pektin yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol kurang lebih sampai 10% tiap 15 gramnya.

Manfaat Buah Jeruk Purut

  1. Mencegah rambut rontok

Manfaat buah jeruk purut tidak kalah banyaknya dari manfaat alami yang dimiliki oleh jeruk nipis dan jeruk bali, salah satu manfaat alami jeruk purut adalah mencegah rambut rontok, membersihkan gusi dan gigi dan sebagai detoksifikasi tubuh.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan sangatlah beragam, salah satunya adalah mampu melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi jeruk purut akan membantu melancarkan pencernaan kita, selain itu, minyak jeruk purut merupakan minyak esensial yang baik yang bisa digunakan untuk memijat tubuh.

Berbagai manfaat buah jeruk telah Anda simak dengan baik di atas, dan dari semua manfaat buah jeruk ini adakah manfaat buah jeruk yang sudah Anda miliki.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Manfaat Buah Jeruk Nipis, Bali dan Purut Untuk Tubuh"