Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang memiliki warna kuning cerah ini. Buah nanas, salah satu buah tropis yang berasal dari negara Brazil ini kini telah banyak dan mudah dijumpai. Rasanya buah nanas manis namun bercampur rasa asam ini banyak disukai. Selain itu manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan tubuh sudah dipercaya dan digunakan sejak dahulu.

Selain bisa untuk dimakan langsung, buah nanas juga sering dijadikan aneka hidangan seperti manisan, rujak, asinan, sirup, selai, atau sebagai bahan pelengkap makanan tertentu. Buah dengan warna kuning ini selain digunakan untuk berbagai macam hidangan, juga dikenal memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan KecantikanManfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bebepara senyawa dalam buah nanas seperti vitamin A, vitamin C, mineral, enzim, zat besi, kalsium, natrium, fosfor merupakan kandungan yang terdapat dalam buah nanas dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Beberapa kandungan tersebut diantaranya termasuk kedalam antioksidan yang sangat baik untuk tubuh, khususnya menangkal radikal bebas.

Sejumlah kandungan tersebut jelas memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Simak beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh di bawah ini.

Mengkonsumsi buah nanas bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan. Dalam hal ini serat dalam buah nanas berperan menjaga kesehatan usus. Khususnya pada buah nanas tak hanya serat, buah ini mengandung enzim bromelain yang cukup tinggi. Enzim inilah yang bekerja memecah protein hewani serta melancarkan sistem pencernaan.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Efek antioksidan dalam buah nanas seperti vitamin C sangat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun. Selain vitamin C, zat asam amino dalam buah nanas juga membantu dalam meningkatkan imunitas.

  • Mencegah Hipertensi

Mengkonsumsi buah nanas sangat tepat bagi penderita hipertensi. Kandungan kalium yang tinggi namun dengan sodium yang rendah pada buah nanas dapat membantu atau tekanan darah kembali stabil atau menjaganya agar darah tetap normal.

  • Mencegah Degenarasi Makula

Degenarasi makula merupakan suatu kondisi dimana orang dewasa mengalami penurunan bahkan kehilangan penglihatan. Kandungan zat beta karoten yang terdapat dalam buah nanas memiliki fungsi sama seperti wortel jika dikonsumsi teratur dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah degenarasi makula.

  • Memperkuat Tulang

Tak hanya susu, buah nanas juga memiliki kandungan kalsium serta zat mangan yang cukup tinggi. Keduanya sangat baik untuk membantu memperkuat tulang dan gigi. Sebuah studi menyebutkan bahwa kandungan mangan bersama mineral mampu mencegah resiko osteoporosis khususnya pada wanita pasca menopaus

  • Melancarkan Haid

Tidak sedikit wanita yang mengalami masalah datang bulan atau haid. Buah nanas bisa menjadi solusi bagi wanita yang mengalami masalah haid. Dengan mengkonsumsi buah ini dapat membantu melancarkan haid. Sedangkan untuk ibu hamil, sanga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nanas terutama nanas yang masih muda karena dapat mengganggu janin yang dikandung.

Khasiat atau manfaat buah nanas untuk kesehatan cukup besar yakni dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan vitamin A dan C sebagai antioksidan bekerja untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Sehingga dengan mengkonsumsi nanas yang sarat antioksidan mampu mencegah sel-sel kanker berkembang.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan"