Manfaat Daun Mengkudu Untuk Tubuh dan Kulit

Mengkudu merupakan tumbuhan yang tumbuh dengan subur di dataran rendah pada ketinggian 1500 m. Secara tradisional, buah mengkudu biasa dioleh oleh masyarakat Aceh menjadi sayur atau rujak.

Sedangkan daun mengkudu dimanfaatkan sebagai salah satu bahan membuat nicah peugaga, menu makanan yang biasanya muncul disaat bulan puasa sebagai menu wajib untuk berbuka. Tidak hanya dikonsumsi saja, mengkudu pun seringkali dibuat menjadi obat herbal yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit.

Daun mengkudu berukuran besar, tebal dan berbentuk jorong, tepi daunnya rata dan ujung daunnya lancip pendek. Pangkal daun mengkudu berbentuk pasak dengan urat daun yang menyirip.

Berwarna hijau mengkilap dan tidak berbulu, daun mengkudu bisa diolah menjadi makanan yang lezat karena tinggi akan kandungan vitamin A yang kabarnya bermanfaat untuk mengatasi ambeien. Manfaat daun mengkudu tidak hanya itu saja, inilah beberapa manfaat yang dimiliki oleh daun mengkudu:

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan

Menstabilkan tekanan darah

manfaat-daun-mengkudu-utk-kesehatanSalah satu manfaat daun mengkudu untuk kesehatan adalah menstabilkan tekanan darah. Daun mengkudu memiliki kandungan fitonutrien yakni scopoletin yang mana bermanfaat untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang tengah mengalami penyempitan. Kondisi ini akan membuat jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk bisa memompa darah sehingga tekanan darah berangsur-angsur normal.

Mencegah kanker

Salah satu manfaat dari daun mengkudu yang terdapat di dalam kumpulan manfaat daun mengkudu adalah mampu mencegah kanker. Kanker merupakan penyakit berbahaya yang mematikan, banyak sekali orang yang meninggal karena tidak tertolong karena hingga saat ini, kanker masih belum bisa diobati, dokter hanya memperpanjang umur pasien dengan melakukan beberapa metode medis yang modern.

Daun mengkudu memiliki kandungan atau unsur alami yang mampu untuk mencegah terbentuknya dan berkembangnya sel-sel kanker sehingga sel-sel kanker tidak tumbuh dan berkembang menjadi penyakit kanker.

Sebagai anti-inflamasi

Manfaat daun mengkudu bagi kesehatan antara lain sebagai anti-inflamasi. Tidak berbeda jauh dengan obat herbal lainnya, daun mengkudu bersifat anti-inflamasi yang terbukti mampu membantu mencegah terjadinya peradangan, tidak sebatas itu saja, daun mengkudu juga mampu membantu menurunkan risiko terserang serangan jantung.

Memperlambat proses penuaan

Manfaat yang dimiliki oleh daun mengkudu tidak hanya baik untuk tubuh saja, daun mengkudu juga memiliki manfaat daun mengkudu untuk wajah yakni memperlampat proses penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun mengkudu efektif untuk memperlampat proses penuaan yang akan kita alami disaat usia sudah tidak lagi muda.

Selain baik untuk memperlambat proses penuaan, kandungan antioksidan yang dimiliki daun mengkudu juga baik untuk mengobati penyakit diabetes serta mengatasi radang sendi dan tekanan darah yang tinggi.

Mengatasi perut kembung pada bayi

Perut bayi Anda sering kembung dan dia jadi sering rewel, mengatasi perut kembung pada bayi bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun mengkudu, ramuan daun mengkudu ini digunakan sebagai obat oles perut. Anda hanya perlu mencuci bersih daun mengkudu setelah daun mengkudu bersih, oleskan minyak di atas permukaan daun mengkudu, gulung lalu kucek sebentar di telap[ak tangan setelah itu balurkan obat oles ini pada perut bayi yang sedang kembung.

Manfaat daun mengkudu baik untuk tubuh maupun kulit wajah telah Anda simak selengkapnya di atas dan setelah Anda mengetahui apa saja manfaat alami yang dimiliki oleh daun mengkudu, apakah Anda hanya akan membiarkan daun mengkudu dan mengambil buahnya saja untuk dikonsumsi?.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Manfaat Daun Mengkudu Untuk Tubuh dan Kulit"