Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Kesehatan Tubuh

Pernahkah Anda mendengar mengenai pohon sukun sebelumnya? sukun merupakan nama sejenis pohon yang menghasilkan buah. Buah sukun tidak memiliki biji dan memiliki tekstur yang empuk, teksturnya hampir mirip seperti roti yang dimasak matang atau digoreng, maka dari itu, tidaklah aneh jika bangsa Eropa, mengenal buah sukun sebagai “buah roti.”

Hampir sama dengan pohon buah lainnya, buah sukun pun hanya diambil buahnya saja untuk dikonsumsi atau batang pohonnya (kayu sukun) yang dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga, hampir tidak ada orang yang memanfaatkan daun sukun, padahal manfaat daun sukun sangatlah banyak. Pada umumnya, daun sukun dimanfaatkan sebagai pakan ternak, namun khasiat daun sukun tidak hanya itu saja. Berikut ini khasiat daun sukun untuk tubuh:

Manfaat Daun Sukun Kering

Membantu menyehatkan ginjal

manfaat-daun-sukun-untuk-kesehatanSalah satu manfaat daun sukun kering adalah membantu menyehatkan ginjal. Ramuan alami yang dibuat dari daun sukun ini sangat cocok bila dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya. Daun sukun memiliki kandungan asam amino esensial yang mana tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh kita, seperti histidine, lysine, isoleusin, methionin, valin dan tryptophan.

Selain itu, daun sukun juga mengandung hidrosianat, tannin, riboflavin dan asetilcolin yang baik untuk menyehatkan tubuh termasuk menyehatkan ginjal. Anda hanya perlu mengambil daun sukun dan membersihkannya, rebuslah daun sukun yang sudah bersih dengan air sampai mendidih, setelah itu minum air rebusan daun sukun selagi hangat setiap harinya.

Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat daun sukun untuk kesehatan selain menyehatkan ginjal adalah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh membuatnya berada dalam batas normal. Anda hanya perlu mengambil daun sukun kering secukupnya, tambahkan dengan bangle lantas seduh dengan memakai air panas. Minum ramuan alami ini secara teratur agar kadar kolesterol di dalam darah Anda tetap terkontrol dengan baik dan tidak menjadi tinggi.

Mengobati penyakit jantung

Manfaat daun sukun kering untuk kesehatan antara lain mengobati penyakit jantung. Salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan adalah penyakit jantung. Untuk mengatasi penyakit mematikan ini, Anda bisa menggunakan daun sukun tua yang masih berada pada pohon belum dipetik.

Ambil daun sukun tua yang masih segar (baru dipetik) dari pohon sukun untuk kemudian dicuci sampai bersih dan dikeringkan hingga menjadi benar-benar kering. Rebus daun sukun tua kering dengan air secukupnya hingga air mendidih dan tersisa separuhnya saja, setelah itu tambahkan sedikit air lagi lalu saring dan minum air rebusan daun sukun tersebut.

Manfaat Daun Sukun dan Cara Mengolahnya

Mengobati asam urat

Manfaat daun sukun dan cara mengolahnya untuk mengatasi asam urat. Asam urat masih bisa Anda atasi tanpa perlu pergi ke dokter atau mengkonsumsi obat-obatan, bagaimana caranya? Anda hanya perlu mengolah daun sukun yang telah dikeringkan untuk diseduh dengan air panas yang mendidih, tambahkan sedikit gula batu atau madu murni agar rasanya tidak terlalu pahit dan minum selagi hangat secara rutin.

Jika biasanya Anda memanfaatkan buah sukun untuk dibuat menjadi keripik atau digoreng kering hingga menjadi camilan yang lezat atau mengolah kayu sukun menjadi berbagai perabotan rumahan. Selain memanfaatkan kayu sukun atau buah sukun, Anda bisa memanfaatkan daun sukun untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berbagai manfaat daun sukun telah disebutkan di atas, manfaatkan sebaik dan sebijak mungkin untuk tubuh yang jauh lebih sehat dan segar.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Kesehatan Tubuh"