Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

No comment 10208 views

Dalam dunia perikanan, ikan gabus sebenarnya mempunyai peran sebagai predator bagi ikan lain, sehingga keberadaannya harus segera dimusnahkan. Ini berbanding terbalik dalam dunia herbal, ikan gabus justru mempunyai banyak manfaat jika dikonsumsi. Salah satu manfaat ikan gabus dapat mengobati penderita diabetes.

Ikan gabus banyak ditemukan dimana-mana, dan cara mengolahnya pun relatif gampang tergantung dengan selera. Salah satu kandungan dari ikan gabus adalah zat albumin. Albumin mempunyai banyak fungsi bagi tubuh ketika dikonsumsi.

Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

Beberapa manfaat ikan gabus terutama albumin adalah bisa mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, albumin juga berperan dalam menambah berat badan seseorang. Kandungan lain yang terdapat dalam ikan gabus adalah asam amino, zinc, lemak dan lain-lain. Dengan banyak khasiat di dalamnya, tidak heran jika harga ikan gabus sekarang ini relatif tinggi.

Albumin merupakan salah satu protein yang terdapat di dalam darah, dan hanya diproduksi oleh hati. Dalam dunia kedokteran, albumin dimanfaatkan untuk mempercepat proses penggabungan sel tubuh yang terbelah sehingga membentuk sel baru. Bahkan dibeberapa tempat perawatan kesehatan modern sudah ada terapi yang menggunakan ikan gabus.

Penyakit diabetes biasanya disebabkan tiga faktor utama, yaitu jaringan saraf yang rusak, peredaran darah yang terganggu, dan sistem imun yang menurun. Secara singkat, diabetes terjadi karena hormon insulin yang tidak berfungsi. Dan disinilah manfaat albumin, yaitu untuk memperbaiki semua kerusakan tersebut.

Manfaat ikan gabus

  • Memproduksi insulin

Albumin dapat memperbaiki pancreas yang berguna memproduksi insulin dalam tubuh.

  • Insulin

Produksi insulin yang meningkat secara tidak langsung akan menormalkan kadar gula dalam darah.

  • Menstabilkan kadar gula

Manfaat ikan gabus lain adalah akan menstabilkan kadar gula dalam darah, terutama untuk penderita hipoglikemi.

  • Menurunkan kadar gula

Zat albumin dapat mengeringkan luka, terutama pada kulit yang terluka disebabkan diabetes.

  • Regenerasi sel

Albumin yang terkandung dalam ikan gabus dapat mempercepat regenerasi sel tubuh, terutama pada kulit yang sobek.

  • Mengeringkan luka

Selain mempercepat regenerasi sel kulit, albumin juga mempunyai fungsi mengeringkan luka.

  • Menghilangkan bau

Bau yang dihasilkan oleh diabetes sangat menyengat. Konsumsi ikan gabus akan menghilangkan bau busuk ini secara perlahan.

  • Membersihkan bakteri

Manfaat albumin ikan gabus lainnya adalah membersihkan bakteri atau virus yang menjadi pemicu luka diabetes.

Sebagai tambahan, albumin juga bermanfaat mempercepat penyembuhan setelah operasi ataupun melahirkan. Selain itu, manfaat ikan gabus lainnya adalah mempercepat pertumbuhan pada anak dan menjaga kekebalan tubuhnya.

Konsumsi ikan gabus yang banyak juga tidak menghasilkan efek negatif. Tubuh akan meletakkan albumin yang berlebih ke dalam otot, sehingga massa otot akan membesar. Dalam beberapa hal, albumin juga difungsikan sebagai bahan pemicu untuk membesarkan otot pada atlit.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes"