Manfaat Jus Melon Untuk Ibu Hamil dan Janin

Begitu banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan bagi janin dan ibu hamil. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin sehingga bayi yang lahir akan tetap sehat. Salah satu buah yang mempunyai manfaat terhadap ibu hamil dan janin adalah melon. Apalagi ketika dikonsumsi dalam bentuk jus, akah lebih mudah mendapatkan manfaat dari buah ini. Banyak sekali manfaat jus melon untuk ibu hamil dan janin, salah satunya adalah menjaga pertumbuhan bayi tetap sehat.

Buah melon mempunyai rasa yang renyah ketika dikonsumsi. Melon termasuk buah yang kaya akan kandungan air selain buah semangka. Selain buah, sayur juga merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan ibu hamil dalam memperoleh nutrisi maupun vitamin.

Manfaat Jus Melon Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Jus Melon Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat jus melon untuk ibu hamil dan janin

Jus melon memiliki kandungan air yang tinggi sama seperti buah semgangka. Saat masih berupa buah, kandungan air dalam buah melon bisa mencapai 90%. Oleh karena itu, konsumsi buah dan jus melon untuk ibu hamil sangat dilakukan karena akan menghindarkan dehidrasi pada tubuh ibu hamil.

  • Menjaga pertumbuhan janin

Jus melon mempunyai kandungan yang dibutuhkan janin seperti vitamin, mineral dan protein. Asupan vitamin dan mineral dari buah melon akan menjaga ibu hamil dan janin tetap tercukupi kebutuhannya sehingga pertumbuhan tetap terjaga.

  • Menjaga kesehatan janin

Kandungan yang terdapat pada buah melon seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin A, kalsium, zat besi, fosfor dan lainnya, sangat bermanfaat menunjang kesehatan dan perkembangan bayi di dalam janin.

  • Mencegah kecacatan pada bayi

Vitamin A dalam buah melon akan menjaga pertumbuhan bayi dalam janin sehingga bayi bisa terlahir tanpa mengalami kecacatan. Vitamin A akan mengoptimalkan perkembangan atau pertumbuhan bayi saat masih dalam janin.

  • Mempercepat pembentukan janin

Pada saat awal kehamilan, tubuh akan berusaha membuat janin sebagai tempat pertumbuhan bayi. Pembentukan janin sangat dipengaruhi senyawa yang bernama fosfor. Konsumsi jus melon pada awal kehamilan akan memicu pertumbuhan janin lebih cepat.

  • Mengatasi mual

Saat masa awal kehamilan, para ibu muda biasanya akan mengalami sindrom morning-sickness atau mual pada pagi hari. Konsumsi jus melon sangat membantu dengan mengurangi sindrom ini dikarenakan melon mempunyai kandungan banyak air yang akan membantu masa trimester kehamilan pertama.

  • Menjaga kekebalan tubuh ibu hamil

Vitamin C sudah sejak lama dikenal dengan antioksidan alami yang diperlukan tubuh. Konsumsi jus melon akan meningkatkan antioksidan tubuh sehingga tubuh akan terjaga dari kemungkinan radikal bebas, dan efeknya janin dalam kandungan juga tetap sehat.

  • Memicu perubahan mood

Pada masa awal kehamilan, wanita akan mengalami gejala morning-sickness yang secara tidak langsung akan memengaruhi perubahan mood. Mood ibu hamil yang kurang baik biasanya disebabkan kurangnya produksi hormone sitokinin. Senyawa triptofan dalam jus melon memberi manfaat ibu hamil untuk memicu produksi hormone sitokinin sehingga akan mengalami perubahan mood menjadi riang.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Manfaat Jus Melon Untuk Ibu Hamil dan Janin"