Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Labu kuning dikenal sebagai makanan khas ramadhan. Pasalnya labu kuning ini biasa dimasak sebagai kolak atau es buah khususnya pada bulan ramadhan. Rasanya yang enak dan manis menjadikan olahan labu kuning sebagai makanan pembuka puasa. Selain itu, manfaat labu kuning untuk kesehatan dan kecantikan juga telah diketahui secara luas.

Labu kuning atau juga banyak yang menyebutnya waluh, faktanya memang memiliki sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh. Bicara mengenai nutrisi pada labu kuning, beberapa kandungan seperti kalori, betakaroten, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, natrium, seng dan tembaga. Beberapa vitamin seperti vitamin A, E, C, K dan B6 juga terkandung dalam labu kuning.

Labu Kuning Untuk Kesehatan dan KecantikanTak heran jika labu kuning sangat cocok sebagai makanan pembuka puasa yang menyehatkan selain karena labu kuning mudah dicerna serta dapat mengembalikan energy setelah berpuasa karena mengandung karbohidrat dan juga serat.

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Karena kandungan nutrisinya yang cukup banyak. Menjadikan labu kuning sarat akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan.

  • Melawan Radikal Bebas

Sebagian kandungan nutrisi pada labu kuning termasuk ke dalam senyawa antioksidan yang sangat ampuh dan efektif untuk menangkal serta melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dengan antioksidan yang melawan radikal bebas sekaligus dapat mencegah dan mengurangi resiko pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

  • Menurunkan Tingkat Kolestrol

Salah satu kandungan dalam labu kuning adalah fitosterol yang berperan dalam menurunkan kolestrol jahat. Selain itu juga mampu mencegah penyerapan kolestrol secara berlebihan dalam tubuh. Mengkonsumsi labu kuning dapat menurunkan tingkat kolestrol di tubuh, sehingga mengurangi resiko terjadinya stroke.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa kandungan dalam labu kuning seperti magnesium, folat dan karotenoid sangat baik bagi kesehatan jantung. Magnesium berperan sebagai relaksan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah, mencegah terjadinya stroke dan penyakit jantung. Manfaat lain adalah mampu menghambat terjadinya aterosklerosis, yaitu kondisi dimana dinding arteri pembuluh darah menyempit akibat berkumpulnya lemak.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Labu kuning sarat dengan kandungan vitamin A yang dikenal sangat baik untuk mata. Vitamin A berperan penting dalam merawat dan menjaga kesehatan mata. Selain itu kandungan zeaxanthin dalam labu kuning membantu melindungi retina mata dari radiasi sinar UV yang berbahaya. Dengan mengkonsumsi lau kuning juga dapat mencegah terjadinya katarak karena kandungan dari lutein dan zeaxanthin dalam labu.

  • Membantu Penderita Diabetes

Mengkonsumsi labu kuning untuk penderita diabetes merupakan pilihan tepat. Labu kuning memiliki indeks glukosa yang rendah sehingga sangat cocok menjadi menu makanan bagi penderita diabetes. Selain itu, labu kuning juga dapat memicu produksi insulin dan penyembuhan pankreas.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat labu kuning untuk kesehatan lainnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Serat yang terkandung dalam labu kuning sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh. Salah satu masalah yang sering menyerang pada sistem pencernaan adalah sembelit. Dengan mengkonsumsi labu kuning yang mengandung serat cukup tinggi dapat mengatasi masalah sembelit karena sistem pencernaannya lancar.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan dan Kecantikan"