Manfaat Lari Pagi Setiap Hari bagi Tubuh dan Diet

Waktu yang tepat untuk berolahraga selain di sore hari adalah pagi hari, udara pagi hari masih sangat sejuk, belum banyak kendaraan yang lalu lalang yang menerbangkan debu dan asap kendaraan bermotor sangat baik untuk pernapasan. Lari pagi akan membuat badan terasa segar dan lebih bugar sehingga pekerjaan bisa dikerjakan dengan lebih mudah dan riang.

Lari di pagi hari sangat bermanfaat untuk tubuh, menghilangkan kantuk dan menjaga kesehatan tubuh. Lari pagi bisa menjadi pilihan berolahraga yang menyenangkan karena masih sepi dari kendaraan bermotor kegiatan lari pagi menjadi lebih mudah. Lari pagi bisa dilakukan di mana saja, baik di kompleks rumah, di pinggir jalan atau di taman dan di lapangan. Berikut ini manfaat lari pagi yang perlu Anda ketahui:

Manfaat Lari Pagi Setiap Hari

Menurunkan tekanan darah

manfaat-lari-pagi-bagi-tubuhSalah satu manfaat lari pagi setiap hari adalah menurunkan tekanan darah, paling cocok dicoba oleh mereka yang memiliki riwayat kesehatan tekanan darah tinggi. Olahraga di pagi hari memberikan efek positif bagi tekanan darah, menurut Dr. Scott Collier dari Appalachian State University.

Collier membandingkan tekanan darah dan pola tidur dari tiga kelompok dengan rentang usia antara 40-60 tahun yang seringkali berjalan di atas treadmill disaat jam tujuh pagi, jam satu siang dan jam tujuh malam, olahraga di pagi hari membuat tekanan darah mereka turun sebanyak 10% dan turun sebanyak 25% di malam harinya. Anda yang memiliki tekanan darah tinggi dianjurkan untuk berolahraga di pagi hari sehingga tubuh menjadi lebih sehat, tekanan darah pun menurun.

Manfaat Lari Pagi Untuk Diet

Menurunkan berat badan

Manfaat lari pagi untuk diet akan terasa pada tubuh Anda setelah Anda melakukannya setiap hari selama beberapa minggu atau beberapa bulan. Berlari mampu membantu menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh kita, olahraga ini harus diimbangi dengan pola makan sehat dan pelatihan menurunkan berat badan, lakukan lari pagi hari ini dan lakukan pelatihan menurunkan berat badan keesokan harinya.

Manfaat Lari Pagi Bagi Tubuh

Menghilangkan stres

Manfaat lari pagi bagi tubuh yang mungkin selama ini tidak Anda sadari adalah mampu menghilangkan stres. Stres bisa timbul kapan saja, disaat beban pikiran sudah melebihi batas sehingga membuat Anda merasa tertekan, stres bila tidak segera diatasi bisa menjadi hal yang membahayakan dari segi psikologis, bisa menyebabkan depresi dan gangguan kejiwaan.

Lari pagi secara teratur akan membantu menghilangkan stres. Udara pagi yang sejuk dan masih segar membuat Anda menjadi lebih rileks dan tenang, apalagi jika Anda mengimbanginya dengan mendengarkan musik klasik yang lembut. Agar pikiran menjadi lebih nyaman dan tenang disaat lari pagi, pilihlah tempat yang nyaman yang sudah Anda kenal rute jalannya.

Anda yang berencana untuk menurunkan berat badan dengan cara yang mengasyikkan bisa mencoba untuk melakukan olahraga lari pagi setiap harinya, selain baik untuk menjaga kesehatan, lari pagi juga baik untuk menjaga bentuk tubuh sehingga bentuk tubuh Anda tetap ideal dan seimbang.

Manfaat lari pagi tidak hanya menurunkan berat badan saja, lari pagi juga efektif untuk menyehatkan tubuh dan pikiran sebagaimana yang telah disebutkan dan dijelaskan secara sederhana di atas. Yang perlu Anda lakukan untuk memuluskan keinginan Anda, yakni memiliki tubuh yang sehat dan bentuk tubuh yang ramping adalah rutin olahraga pagi, jangan sampai lari pagi hanya dilakukan disaat mau saja, setelah tidak mau lari pagi dihentikan dan dilupakan.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Manfaat Lari Pagi Setiap Hari bagi Tubuh dan Diet"