Manfaat Mengkonsumsi Bawang Bombay Untuk Kesehatan Organ Tubuh

Bawang bombay dikenal sebagai bumbu dapur untuk penyedap rasa yang membuat masakan memiliki cita rasa yang enak. Berbeda dengan jenis bawang merah dan bawang putih, bawang Bombay tidak hanya digunakan sebagai bumbu atau penyedap makanan melainkan sebagai bahan pokok pada masakan tertentu. Selain itu, ada banyak manfaat mengkonsumsi bawang Bombay untuk organ tubuh yang bisa didapatkan.

Dagingnya yang lebih tebal dan aroma yang tidak terlalu menyengat membuat bawang Bombay lebih dipilih sebagai sayuran, yakni seperti di masak, digoreng, dipanggang, bahkan dimakan mentah. Selain itu sebagai penambah cita rasa masakan atau sebagai bahan pokok masakan, bawang Bombay ternyata diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan jika dikonsumsi.

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Bombay Untuk Kesehatan Organ TubuhManfaat Mengkonsumsi Bawang Bombay Untuk Kesehatan Organ Tubuh

Bawang Bombay memiliki cukup banyak kandungan yang baik bagi tubuh, beberapa kandungan yang terdapat dalam bawang Bombay seperti kalori, karbohidrat, protein, lemak nabati, kalsium, serat, zat besi, fosfor, natrium, niacin serta beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2. Juga kandungan sulfur dalam bawang Bombay cukup tinggi sehingga mampu bekerja sebagai detoksiikasi tubuh.

Itulah mengapa mengkonsumsi bawang Bombay sangat baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi bawang Bombay.

Serat dalam bawang Bombay berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh. Bawang Bombay juga diketahui memiliki kandungan prebiotic yang mamapu mendorong pertumbuhan bakteri baik atau probiotik dalam pencernaan. Sehingga dengan mengkonsumsi bawang Bombay dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, dan terhindar dari masalah sembelit.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Selain membantu melancarkan sistem pencernaan, bawang bombay juga dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan vitamin C yang disertai oleh bantuan fitokimia dan nutrient dalam bawang bombay dapat melancarkan peredaran darah dan mampu meredakan inflamasi. Kandungan sulfur pada bawang Bombay juga bekerja agar tidak terjadi penggumpalan darah.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, mengkonsumsi bawang Bombay dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Bawang Bombay diketahui dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Sehingga dengan turunnya kolestrol jahat maka kesehatan jantung akan lebih terjaga. Selain itu, bawang bombay memiliki peran penting dalam menjaga tekanan darah tetap stabil, mencegah pembekuan darah dan menjaga kelancaran arteri darah.

  • Meningkatkan Daya Tahan

Mengkonsumsi bawang Bombay bisa membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Kandungan antioksidan yang berupa vitamin C, mineral, mangan dan quercetin dalam bawang Bombay mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh lebih kuat dan tidak rentan terserang penyakit.

Salah satu manfaat mengkonsumsi bawang Bombay yakni dapat mencegah kanker. Senyawa sulfida yang terkandung dalam bawang Bombay cukup tinggi. kandungan senyawa sulfida memiliki khasian untuk melindungi sel-sel tubuh dari pertumbuhan tumor. Terutama jika bawang Bombay dikombinasikan dengan kunyit maka dapat memberikan perlindungan bagi tubuh dan mencegah tubuh dari kanker. Hal ini telah melalui sebuah penelitian, kombinasi bawang Bombay dan kunyit terutama mampu menurukan jumlah dan ukuran sel kanker pada usus.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Manfaat Mengkonsumsi Bawang Bombay Untuk Kesehatan Organ Tubuh"