Manfaat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula

1 comment 5257 views

Minum kopi hitam memang nikmat, apalagi jika suasana sedang mendukung seperti hujan. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi selain teh. Sama seperti teh, kopi juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan jika mengkonsumsinya secara tepat. Salah satu penyebab penyakit adalah gula, jadi sangat banyak manfaat jika minum kopi pahit tanpa gula.

Kebanyakan orang selalu menambah gula ketika membuat kopi, padahal kopi pahit tanpa gula akan lebih menyehatkan bagi tubuh. Terlalu banyak minum kopi justru akan menyebabkan efek samping tersendiri, jadi minumlah kopi sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa manfaat minum kopi pahit tanpa gula.

Manfaat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula

Manfaat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula

  • Antidepresan

Kebiasaan minum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir akan sangat membantu menurunkan resiko terkena stress. Zak kafein dalam kopi akan membuat pikiran menjadi aktif.

  • Antioksidan

Kopi juga bisa berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Kandungan dalam kopi seperti kalium, kromium, dll, dapat berperan dalam mengendalikan kadar gula dalam darah.

  • Menjaga kolesterol

Konsumsi kopi hitam dalam kadar normal mampu menjaga tubuh terhindar dari kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Mengurangi resiko kanker

Minum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir dalam sehari dapat menurunkan resiko terkena kanker jenis apapun, seperti kanker payudara, prostat, liver dan lainnya.

  • Mengurangi kerusakan saraf

Manfaat minum kopi secara teratur dapat menjaga sistem saraf dalam tubuh, ini terutama terjadi pada orang tua. Kopi berperan dalam mengurangi kerusakan saraf.

  • Menajamkan memori

Mungkin inilah sebab para pelajar banyak yang mengkomsumsi kopi. Kebiasaan minum kopi dua kali sehari telah terbukti menajamkan memori seseorang. Hal yang sama juga berlaku bagi orang dewasa dengan konsumsi kopi sebanyak empat kali.

  • Dopping

Kopi mempunyai efek menambah tenaga pada yang meminumnya. Bahkan seorang atlet yang mengkonsumsi kopi lebih dari delapan kali akan dianggap menggunakan dopping.

  • Mencegah diabetes tipe 2

Kebiasaan minum kopi empat kali dalam sehari, dapat memberi manfaat untuk mencegah diabetes tipe 2 hingga 50 %. Kopi dapat membantu tubuh memproduksi insulin.

  • Membantu diet

Minum kopi pahit tanpa gula akan menurunkan kalori dalam tubuh. Kopi yang ditambah gula justru akan meningkatkan produksi kadar gula dalam tubuh.

  • Mencegah batu ginjal

Manfaat minum kopi lainnya adalah dapat mencegah munculnya batu ginjal. Kebiasaan ini dapat mengurangi resiko batu ginjal hingga 25% dengan konsumsi kopi empat kali sehari.

  • Menjaga jantung

Kopi sangat cocok digunakan pada penderita detak jantung lambat (lemah). Kalium yang terdapat pada kopi akan menjaga jantung tetap berdetak, sehingga lemak pada otot jantung akan dilarutkan oleh kopi.

  • Menjaga tulang

Tulang keropos terjadi karena tubuh kekurangan kalsium. Kandungan dalam kopi berupa kalsium akan membantu tubuh menjaga tulang mendapatkan kalsium.

  • Menjaga produktifitas

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat melancarkan metabolisme tubuh juga meningkatkan proses oksidasi lemak.

  • Menjaga tetap aktif

Kafein yeng berasal dari kopi akan menjaga kinerja otak tetap aktif, sehingga efek lainnya rasa kantuk akan menghilang.

Related Post

<============================================>
author
One Response
  1. author

    Achmad Shiva'ul Haa Asjach2 years ago

    Manteb….
    Ijin share gan,
    #SalamKopiPahit

    Reply

Leave a reply "Manfaat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula"