Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan dan Kecerdasan Otak

Sejak kecil kita dididik untuk sarapan pagi karena sarapan pagi sangat penting dan sangat baik untuk tubuh, bisa menambah energi dan mempertajam ingatan serta konsentrasi, sarapan pagi juga baik untuk mereka yang sedang melakukan program diet karena sarapan pagi membuat perut tetap kenyang sampai waktu makan siang datang.

Selain bermanfaat untuk menambah energi, mempertajam konsentarasi atau mengenyangkan perut, masih banyak manfaat sarapan pagi yang harus Anda ketahui. Dan berikut ini beberapa manfaat yang akan kita dapatkan disaat kita sarapan di pagi hari:

Manfaat Sarapan Pagi bagi Anak Sekolah

Meningkatkan kinerja dan konsentrasi

manfaat-sarapan-pagi-bagi-tubuh-otakSalah satu manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah adalah meningkatkan kinerja dan juga konsentrasi. Anak sekolah membutuhkan konsentrasi tinggi agar bisa menerima pelajaran dengan lebih baik dan lebih cepat dan dengan mengkonsumsi sarapan konsentrasi belajar akan berada dalam level yang lebih tinggi dibandingkan dengan tidak sarapan sama sekali. Usahakan agar makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang sehat dan cukup mengenyangkan, seperti setangkup roti dengan selai, atau bubur ayam, nasi goreng dan pancake.

Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat sarapan pagi bagi kesehatan adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mereka yang rajin sarapan pagi berisiko lebih rendah untuk mudah lelah, merasa lemas dan kehilangan kesadaran karena perut sudah diisi dengan makanan yang bernutrisi tinggi.

Sarapan pagi sangat cocok untuk Anda yang memiliki riwayat kesehatan anemia, maag dan lain sebagainya. Berbagai komponen makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda akan memberikan energi lebih yang membuat Anda menjadi lebih kuat untuk melakukan berbagai aktivitas hingga makan siang datang.

Manfaat Sarapan Pagi bagi Kecerdasan Otak

Meningkatkan kecerdasan otak

Manfaat sarapan pagi bagi kecerdasan otak bisa saja terjadi jikalau semua komponen makanan yang Anda konsumsi adalah makanan sehat, yang terdiri dari 4 sehat dan 5 sempurna, Anda yang tidak suka mengkonsumsi makanan berat sebagai menu sarapan namun tetap ingin memenuhi komponen 4 sehat 5 sempurna bisa membuat sandwich sehat yang isinya adalah ikan tuna, sayuran segar serta keju, jangan lupakan buah dan susunya.

Pastikan jika semua bahan makanan yang Anda gunakan berada dalam kondisi terbaik karena kondisi bahan makanan juga memengaruhi kecerdasan otak kita, bagaimana otak bisa cerdas bila makanan yang setiap harinya kita konsumsi adalah junk food atau makanan yang berkualitas buruk.

Koordinasi tubuh lebih baik

Manfaat sarapan pagi bagi tubuh yakni mengkoordinasi tubuh untuk menjadi lebih baik. Anda yang memiliki masalah pada keseimbangan tubuh bisa memperbaikinya dengan mengkonsumsi sarapan pagi secara teratur, ini merupakan khasiat ringan yang akan Anda dapatkan disaat Anda mengkonsumsi sarapan pagi yang sehat dan segar tiap hari.

Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa memberikan pengaruh negatif bagi tubuh, kolesterol tinggi meningkatkan risiko serangan jantung dan berbagai komplikasi penyakit berat lainnya. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah, biasakanlah untuk sarapan pagi. Pilih makanan yang sehat dan rendah kolesterol, kalau bisa olah masakan Anda tanpa menggunakan minyak sayur.

Tidak banyak yang menyadari jika sarapan pagi memberikan pengaruh positif untuk tubuh kita, beberapa manfaat sarapan pagi telah disebutkan dan dijelaskan cukup mendetail di atas, semoga bisa menyadarkan Anda jika sarapan di pagi hari itu sangatlah penting. Banyak sekali variasi menu sarapan pagi yang sehat, Anda bisa mencarinya di buku resep atau resep online.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan dan Kecerdasan Otak"