Manfaat Sayur Seledri Bagi Penderita Hipertensi

Belum banyak yang mengetahui bahwa sayur seledri bermanfaat bagi penderita hipertensi. Padahal dibeberapa daerah, sayur ini sebenarnya sudah lama digunakan untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Beberapa praktisi kesehatan bahkan menyarankan untuk menggunakan sayur seledri sebagai bagian terapi pengobatan hipertensi. Ini dikarenakan beberapa kandungan seledri yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Beberapa kandungan dari sayur seledri yang bisa menurunkan hipertensi adalah flavonoid, glukosida, kalium dan lainnya. Kandungan lainnya yaitu senyawa sedatif telah terbukti efektif dalam membantu menyembuhkan hipertensi. Namun penggunaan sayur seledri sebagai bagian terapi harus memperhatikan kondisi tertentu. Misalnya pasien yang mempunyai riwayat penyakit lambung tidak disarankan untuk mengkonsumsi sayur seledri. Ini disebabkan kandungan serat yang tinggi dapat menimbulkan kadar asam lambung meningkat.

Manfaat Sayur Seledri Bagi Penderita HipertensiDalam penggunaannya sebagai bahan terapi darah tinggi, seledri dapat digunakan dengan berbagai macam cara. Seledri dapat dibuat sebagai minuman jus, campuran makanan, ramuan, camilan atau bahkan dimakan secara langsung. Sebagai gambaran, mengkonsumsi dua batang sayur seledri setiap hari selama seminggu dapat menurunkan hipertensi dari 158/96 ke 118/82. Selain itu, konsumsi harian akan memberikan efek lain yaitu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Karena khasiatnya yang bagus, saat ini sayur seledri bahkan sudah dibuat ekstraksnya dalam bentuk kapsul.

Manfaat Sayur Seledri Bagi Penderita Hipertensi

Seledri biasanya hanya digunakan sebagai sayuran pelengkap dalam menu makanan, terutama sup. Penggunaanya juga terbilang cukup mudah. Untuk menggunakan seledri sebagai ramuan, cukup rebus seledri sekitar 30 gram dengan dua gelas air hingga tinggal satu gelas kemudian diminum. Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat sayur seledri bagi penderita hipertensi berikut ini.

  • Menurunkan level kolesterol

Salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah tinggi adalah karena kadar kolesterol dalam tubuh naik. Akibatnya sirkulasi darah menjadi terganggu dan tersumbat. Penggunaan sayur seledri secara rutin dapat membantu menurunkan level kolesterol pada tubuh terutama pada saluran peredaran darah. Sayur seledri dapat digunakan dengan berbagai macam cara asalkan tidak berlebihan.

  • Mengurangi tekanan darah tinggi

Beberapa komponen kimia yang terkandung dalam sayur seledri dapat bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Beberapa kandungan seperti magnesium dan zat besi berguna untuk menjaga laju darah tetap stabil sehingga menghindarkan dari tekanan darah tinggi. Senyawa lain seperti apigenin, kumarin dan phthalides juga dapat menstimulasi penurunan tekanan darah.

  • Menjaga fungsi kardiovascular

Beberapa kandungan yang terdapat pada sayur seledri seperti kalsium, kalium, vitamin (K, C, B6) sangat membantu menjaga kardiovaskular tetap berfungsi. Kandungan ini akan menjaga jantung dan pembuluh darah tetap bekerja secara maksimal. Kandungan nutrisi sayur selederi juga mampu mengurangi stres yang muncul yang bisa mengkibatkan kerja jantung menjadi berat.

  • Menjaga berat badan

Sayur seledri mengandung serat alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama sistem pencernaan. Penggunaan buah seledri secara harian dapat menstimulasi sistem pencernaan berfungsi secara normal. Kandungan serat seledri sangat berguna dalam membantu melancarkan pencernaan. Hasilnya, berat badan akan terjaga dalam bentuk normal. Maka tidak heran jika manfaat sayur seledri juga digunakan untuk terapi diet.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Manfaat Sayur Seledri Bagi Penderita Hipertensi"