Masalah Kulit Berminyak Dan Jerawat

No comment 1471 views

Banyak orang tidak berhasil menyingkirkan jerawat yang sudah muncul meskipun sudah mencoba beberapa macam obat anti jerawat. Mereka biasanya putus asa karena tidak menemukan Obat jerawat yang bisa menyembuhkan jerawat membandel dengan cepat. Sebenarnya mengobati saja tidaklah cukup, karena jika salah satu jerawat sembuh, jerawat lain akan tumbuh. Perlu disadari bahwa kita harus merubah fokus perhatian kita kepada tempat tumbuhnya jerawat, bukan hanya pada jerawatnya. Kulit berminyak dan jerawat umumnya 2 hal yang berbeda akan tetapi menimbulkan faktor yang sama, yakni Jerawat, dan hal ini akan menjadi pokok bahasan kita saat ini.

Apa itu kulit berminyak?

Masalah Kulit Berminyak Dan Jerawat

Masalah Kulit Berminyak Dan Jerawat

Di dalam kulit manusia terdapat kelenjar sebaceous, yaitu kelenjar yang memproduksi sebum, sebum merupakan zat yang berfungsi sebagai pelembab pada kulit, zat ini juga mampu melindungi kulit kita dari infeksi mikroba/bakteri. Sebum terbuat dari lipid dan sel kulit mati. Kelenjar sebaceous akan selalu memproduksi sebum. Kita bisa ambil contoh: Jika kita tidak membersihkan rambut selama beberapa hari, maka rambut akan berminyak dan bau, itulah efek dari sebum yang mengumpul. Jika tubuh kita memproduksi lebih banyak sebum, tentunya kulit kita juga akan berminyak.

Mengapa sebagian orang memiliki tipe kulit berminyak?

Kita lihat, pada anak kecil tipe kulit mereka biasanya kering dan terjaga kelembabannya, namun jika telah menginjak masa pubertas, tipe kulit mereka berubah menjadi cenderung berminyak. Sebagian besar orang mengalaminya, Hal ini disebabkan karena aktifitas hormon yang memicu produksi sebum berlebih. Kita bisa ambil contoh: Seorang wanita yang sedang mengalami masa menstruasi biasanya akan mendapati kulit mereka lebih berminyak selama periode tersebut.

Mengapa terjadi jerawat pada kulit berminyak?

Tipe kulit berminyak yang dimiliki seseorang merupakan lingkungan yang cocok bagi bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak. Produksi minyak yang banyak pada kulit akan membantu bakteri Penyebab jerawat menular dengan cepat ke banyak kelenjar, menginfeksi dan akhirnya menimbulkan radang dan jerawat. Bisa disimpulkan bahwa seseorang dengan kulit berminyak memiliki potensi yang sangat tinggi terhadap serangan jerawat. Hati-hati jika Anda memiliki tipe kulit seperti ini, Anda harus memberikan perhatian & perawatan ekstra pada kulit Anda. Itulah mengapa kulit berminyak dan jerawat indentik satu sama lain dalam hal memicu timbulnya jerawat.

Bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat pada kulit berminyak?

  • Selalu menjaga kebersihan kulit terutama pada area kulit berminyak yang berpotensi timbul jerawat, seperti pada area wajah dan punggung.
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
  • Tidak sering menyentuh/mengusap wajah/area kulit yang berminyak.
  • Menghindari makanan yang mengandung banyak lemak, perbanyak makan sayur dan buah-buahan segar.
  • Olah raga secara rutin tiap hari, dengan olah raga, lemak akan terbakar, jika kita selalu menjaga kebersihan, maka lemak tidak akan mengumpul pada area kulit.
  • Pake make up minimalis sehingga mudah dibersihkan.
  • Hindari Stress / perkuat mental dan kondisi psikologis.

Perawatan yang ektra umumnya di lakukan pada seseorang yang memiliki kulit cendrung berminyak, karena tanpa perhatian yang ektra, seperti biasanya jerawat mudah sekali timbul dan timbul lagi. Untuk itu mungkin anda harus mencoba merubah slogan tentang kulit berminyak dan jerawat, dengan cara melakukan perawatan dan menjaga kebersihan kulit, sehingga kemungkinkan timbulnya jerawat bisa di hindari.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Masalah Kulit Berminyak Dan Jerawat"