Mengenal Manfaat Cuci Darah Untuk Kesehatan

No comment 7202 views

Semua peredaran darah yang terjadi dalam tubuh sepenuhnya diatur oleh ginjal. Dalam beberapa kasus tertentu, ginjal akan kehilangan fungsinya dan tidak bisa bekerja secara normal. Istilah gagal ginjal biasanya merujuk pada kondisi ini, yaitu dimana ginjal kehilangan 80% fungsinya. Akibatnya keseimbangan cairan tubuh menjadi terganggu. Inilah salah satu manfaat cuci darah, yaitu untuk menormalkan kembali fungsi ginjal.

Gagal ginjal dibagi dalam lima tahap, tahap terakhir adalah tahap dimana seorang pasien diwajibkan untuk melakukan cuci darah. Cuci darah, atau yang dalam bahasa medis disebut juga dengan dialisis, adalah suatu aktifitas yang dilakukan untuk menghilangkan segala racun yang berada dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ginjal sudah mampu lagi menjalankan fungsi sebagai mana mestinya.Mengenal Manfaat Cuci Darah Untuk Kesehatan

Kenapa harus cuci darah

Ada dua kondisi dimana pasien harus melakukan cuci darah, yaitu kondisi ginjal kronik dan kondisi ginjal akut. Kondisi ginjal kronik ditandai dengan ginjal sudah tidak berfungsi selama tiga bulan dan biasa terjadi secara perlahan-lahan. Dalam kondisi ginjal kronik, biasanya pasien diharuskan untuk melakukan cuci darah seumur hidup. Sedangkan kondisi ginjal akut terjadi secara tiba-tiba dimana sebelumnya ginjal masih berfungsi normal. Manfaat cuci darah untuk ginjal dapat mengembalikan fungsi ginjal menjadi normal kembali.

Manfaat cuci darah

Selain bermanfaat untuk mengembalikan fungsi ginjal, cuci darah juga bermanfaat untuk kesehatan. Simak manfaat lain dari cuci darah yang berguna untuk tubuh:

  • Menormalkan ginjal

Sesuai yang tertulis di atas, bahwa cuci darah dapat mengembalikan fungsi ginjal menjadi normal terutama untuk penderita ginjal akut. Namun untuk pasien yang menderita ginjal kronis cuci darah harus dilakukan seumur hidup untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Oleh karenanya, jagalah ginjal dengan mengkonsumsi makanan yang sesuai kebutuhan.

  • Mengurangi jerawat

Ini adalah kondisi paling umum yang sering dilakukan. Manfaat cuci darah yang lain adalah dapat mengurangi peradangan jerawat pada wajah. Cuci darah akan menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat tumbuh lagi. Namun sebelum melakukan perawatan seperti ini, cobalah untuk mencari tahu dengan dokter spesialis untuk mendapatkan jawaban yang terbaik.

  • Memperoleh kecantikan

Dalam kebanyakan kasus, wanita lebih sering menggunakan terapi cuci darah untuk memperoleh kecantikan. Memang, salah satu manfaat lain cuci darah adalah dapat mempercantik penampilan. Ini dikarenakan racun yang terdapat dalam tubuh seperti radikal bebas akan hilang bersamaan dengan cuci darah.

Efek samping cuci darah

Selain bermanfaat untuk tubuh, tindakan cuci darah ternyata juga mengandung resiko untuk penggunanya. Efek samping yang diterima akan berbeda tergantung dari ketahanan tubuh pasien tersebut. Efek samping paling umum adalah terjadinya stress pada pasien yang mengikuti terapi cuci darah. Ini dikarenakan proses terapi cuci darah dapat memakan waktu dari 3-7 jam. Efek samping lainnya adalah resiko terjadinya infeksi saat proses terapi.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Mengenal Manfaat Cuci Darah Untuk Kesehatan"