Mengenal Penyakit Alzheimer dan Penyebabnya

No comment 1384 views

Secara singkat, penyakit alzheimer bisa disebut juga dengan kepikunan. Pada umumnya, alzheimer hanya menyerang orang tua dikarenakan fungsi tubuh yang sudah mulai menurun. Namun pada kasus tertentu, penyakit alzheimer menyerang orang pada usia muda umumnya dan dipengaruhi oleh kondisi tertentu seperti faktor keturunan. Kepikunan terjadi akibat fungsi otak yang menurun sehingga otak tidak dapat menyimpan ingatan.

Pada saat fungsi otak menurun atau bahkan sudah mati, maka sel-sel saraf yang bekerja pada otak juga akan mati. Oleh karena itu, segala aktifitas yang dilakukan tidak akan tercatat oleh otak. Yang patut diwaspadai adalah bahwa penyakit alzheimer sulit dideteksi sejak dini. Sebagai gambaran, orang yang berisiko terkena penyakit alzheimer biasanya sering menglami masalah dengan fungsi otak seperti ingatan, penilaian dan lainnya.Mengenal Penyakit Alzheimer dan Penyebabnya

Apa itu alzheimer?

Alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak dan menurunkan fungsinya. Hal ini terjadi karena sel saraf otak mati sehingga sinyal transmisi dari tubuh ke otak tidak bekerja. Secara fisik, penyakit ini biasanya ditandai dengan pengecilan ukuran otak pada pasien yang menderita. Secara psikis, penyakit alzheimer ditandai dengan menurunnya fungsi otak seperti ingatan. Penyakit alzheimer sangat berkaitan erat dengan orang tua, umumnya berkisar 60 tahun ke atas.

Penyakit alzheimer ditandai dengan hilangnya daya ingat dan fungsi otak secara perlahan. Pasien yang mengalami alzheimer hingga kondisi parah akan mengalami gangguan ketika melakukan aktifitas harian seperti disorientasi waktu, tempat, bahkan disorientasi orang. Tanda lain yang muncul akibat dari alzheimer adalah perubahan perilaku seperti menjadi agresif, ketakutan, stress dan lainnya. Orang dengan riwayat keluarga alzheimer sangat rentan untuk mengalaminya lagi.

Penyebab penyakit alzheimer

Hingga saat ini belum ada catatan pasti mengenai penyebab alzheimer dan masih dalam pengkajian beberapa peneliti. Namun, penyakit alzheimer biasanya terkait dengan kondisi otak yang menyusut dan menurun fungsinya. Sampai saat ini, untuk menentukan bahwa seorang pasien mengidap alzheimer atau tidak adalah dengan melihat kondisi fisik otak dan psikis juga disertai dengan beberapa tanda dan gejala yang terjadi.

Gejala penyakit alzheimer

Karena belum diketahui secara pasti penyebab penyakit alzheimer, maka pembacaan gejala dan tanda-tanda penyakit menjadi faktor penting dalam menentukan pengobatan. Berikut ini adalah beberapa gejala alzheimer.

  • Gangguan ingatan

Salah efek paling terlihat adalah terganggunya ingatan. Sebagai contoh, penderita alzheimer biasanya lupa ketika menaruh sesuatu atau tidak mengingat apapun.

  • Kebingungan

Ini terjadi karena berhubungan dengan fungsi otak yang tidak bisa menyimpan memori.

  • Kesulitan mengatur

Otak yang mengalami degeneratif tidak akan berfungsi secara normal. Segala aktifitas yang berhubungan dengan manajemen biasanya diatur oleh otak.

  • Disorientasi orang, waktu dan tempat

Orang yang mengalami alzheimer biasanya tidak akan mengetahui tentangĀ  nama orang, waktu dan tempat dimana dia berada.

  • Perubahan perilaku

Salah satu contoh dari perubahan karakter adalah menjadi introvert, menjerit, berteriak dan lain-lain.

  • Perubahan karakter

Salah satu contoh perubahan perilaku yang dialamai oleh penderita alzheimer adalah agresif, emosional dan lainnya.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Mengenal Penyakit Alzheimer dan Penyebabnya"