Menjaga Kesehatan Rambut dengan Bahan-Bahan Alami

Bagi wanita, rambut dianggap sebagai mahkota dan sangat mempengaruhi penampilan. Maka dari itu, tak heran jika wanita sering menghabiskan waktu berjam-jam di salon hanya untuk melakukan perawatan demi menjaga kesehatan rambut. Atau biasanya yang lebih praktis adalah dengan memberikan vitamin rambut atau menggunakan shampo yang dijual bebas di pasaran. Namun tahukah Anda kalau sebenarnya ada banyak cara menjaga kesehatan rambut secara alami? Ya, di lingkungan sekitar kita sebenarnya bisa ditemukan beberapa bahan herbal yang bisa digunakan untuk merawat rambut. Jadi daripada menghabiskan uang untuk perawatan rambut di salon, tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara yang alami di rumah, seperti berikut ini.

Bahan-Bahan Alami untuk kesehatan Rambut.

1. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini pasti banyak tumbuh di lingkungan sekitar Anda. Bahkan mungkin Anda bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Sejak dulu lidah buaya memang sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan rambut secara alami. Pada tumbuhan ini terdapat zat yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Bagian yang dimanfaatkan adalah bagian gelnya atau bagian dalam lidah buayanya. Gunakan gel lidah buaya tersebut untuk keramas dan oleskan di seluruh permukaan rambut secara merata. Lalu tutup menggunakan handuk kecil, tunggu 30 menit lalu basuh seperti biasa.

menjaga-kesehatan-rambut-secara-alami2. Daun Waru

Tips menjaga kesehatan rambut yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan daun waru. Pohon waru biasanya sering tumbuh di kebun atau di pekarangan rumah. Manfaatkan daun-daunnya untuk perawatan rambut, terutama untuk membuat rambut tetap hitam dan berkilau. Perawatan dengan daun waru ini bisa Anda lakukan sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Cara menjaga kesehatan rambut secara alami dengan daun waru ini adalah dengan memanfaatkan gel daun warunya. Masukkan gel atau lendir daun waru ke dalam botol, lalu diamkan selama satu hari penuh (24 jam). Penggunaan daun waru ini sama dengan pemanfaatkan gel lidah buaya. Oleskan di seluruh permukaan rambut mulai dari ujung sampai pangkal rambut.

3. Minyak Kemiri

Tips menjaga kesehatan rambut secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Di mana minyak kemiri ini memang sudah dipercaya sejak dahulu bisa menjadi penyubur rambut yang alami. Bahan bakunya adalah kacang kemiri, lalu diolah menjadi minyak kemiri. Anda bisa mendapatkan minyak kemiri yang sudah jadi di toko-toko atau membuat minyaknya sendiri. Untuk pembuatan minyak kemiri ini, Anda sediakan kemiri lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu tuangkan sedikit air lalu sangrai sampai kemirinya mengeluarkan minyak. Minyak itulah yang kemudian bisa Anda manfaatkan untuk perawatan rambut. Oleskan minyak tersebut dari ujung sampai ke pangkal rambut. Setelah kiranya mengering, basuh rambut Anda sampai bersih.

Itu dia beberapa cara menjaga kesehatan rambut secara alami dengan beberapa bahan herbal yang ada di sekitar Anda. Jadi Anda tidak perlu repot lagi pergi ke salon atau membeli berbagai produk perawatan rambut yang harganya mahal. Anda disarankan untuk selalu menjaga dan menyayangi rambut Anda. Jangan terlalu kasar saat mengusap rambut, hindari paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama dan konsumsi makanan-makanan berprotein tinggi supaya rambut Anda tetap sehat. Demikian penjelasan singkat mengenai bagaimana cara untuk menjaga kesehatan rambut. Selamat mencoba sendiri di rumah dan semoga bermanfaat.

<============================================>
No Response

Leave a reply "Menjaga Kesehatan Rambut dengan Bahan-Bahan Alami"