Nyeri Dada Sebelah Kanan

No comment 2156 views

Pernahkah suatu ketika Anda mengalami nyeri dada sebelah kanan? Kalau iya, jangan merasa panik dulu. Tidak semua gejala nyeri di dada merupakan tanda dari suatu penyakit yang mengganggu kesehatan. Nyeri dada bisa sangat menyakitkan walaupun hanya berjalan beberapa detik saja.

Nyeri Dada Sebelah Kanan

Nyeri Dada Sebelah Kanan

Adalah hal wajar ketika nyeri di dada selalu diasumsikan sebagai pertanda dari penyakit jantung atau pernyakit organ dalam lainnya. Yang perlu Anda ketahui adalah, secara medis, nyeri dada sebelah kanan bukan termasuk pertanda akan serangan jantung. Secara logika ini bisa dibuktikan karena jantung berada di sebelah kiri dada, bukan di sebelah kanan.

Di sisi lain, jika nyeri ini berlanjut sampai waktu lama dan selalu berulang, ini bisa jadi adalah gejala dari penyakit organ dalam lain. Walaupun begitu, tak tertutup kemungkinan bahwa ini juga merupakan gejala penyakit jantung. Nyeri dada lebih sering sering terjadi pada orang yang lebih tua, karena ini menyangkut fungsi organ dalam yang sudah mulai tidak stabil.

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa dalam rongga dada terdapat banyak organ dalam seperti paru-paru, jantung, saraf, pembuluh darah, dll. Jadi, nyeri dada dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan. Bisa jadi, nyeri dada yang timbul disebabkan organ lain yang sakit, bukan jantung Anda.

Efek yang ditimbulkan oleh nyeri dada juga bisa bermacam-macam, seperti merasa dada ditindih, dada dicengkeram, hingga sensasi rasa panas. Nyeri dada biasanya tidak akan lama, dan normalnya akan hilang ketika sudah melakukan istirahat. Untuk mendapatkan hasil pasti tentang nyeri dada, cobalah untuk mengunjungi dokter spesialis sehingga Anda akan mendapatkan diagnosa yang tepat.

Satu hal yang harus diwaspadai terkait nyeri dada adalah penyakit paru-paru dan saluran pernafasan. Ada juga kemungkinan nyeri dada disebabkan oleh penyakit tuberkolusis, bronchitis, kanker paru-paru, dll. Sebagai tambahan, asam lambung ternyata juga mempunyai peran terjadinya nyeri dada sebelah kanan.

Penyebab nyeri dada sebelah kanan paling umum.

  • Kram otot

Jangan salah. Otot di bagian organ dalam dada juga bisa mengalami kram otot. Kram otot akan memicu nyeri dada dari mulai ringan sampai sedang. Segera periksa jika hal berlangsung terus-menerus.

  • Peradangan selaput dada

Peradangan terjadi karena selaput dada terisi oleh sejumlah cairan. Peradangan selaput dada ditandai dengan gelaja batuk, sesak nafas dan nafas menjadi cepat.

  • Infeksi

Infeksi terjadi karena bakteri yang daerah paru-paru. Infeksi bisa disebabkan oleh batuk yang berlebihan sehingga mendorong bakteri masuk ke paru-paru.

  • Gangguan psikologis

Stress atau gangguan psikologis juga dapat menyebabkan nyeri di dada. Gejala lanjutan yang sering dialami adalah mengik, sesak nafas, kesemutan, dll.

  • Olah raga

Hal yang berlebihan memang tidak dianjurkan, begitu juga dengan olah raga. Olah raga yang berlebihan dapat menyebabkan nyeri dada.

  • Asam lambung

Nyeri dada akan dialami ketika asam lambung mulai berlebihan dan kemudian naik hingga mencapai paru-paru.

 

Sebagai kesimpulan, waspadailah terhadap segala kemungkinan ketika nyeri dada terjadi. Apabila nyeri dada sudah dirasa sampai menjalar ke bagian tubuh lain seperti tangan atau punggung, segera periksakan diri Anda. Penanganan sejak dini akan membantu keberhasilan pengobatan.

<============================================>
author
No Response

Leave a reply "Nyeri Dada Sebelah Kanan"