Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi, Anak dan Dewasa

Musim penghujan saat ini tidak hanya rentan dengan penyakit flu atau pilek saja, namun juga rentan dengan sakit tenggorokan dan batuk. Batuk bisa terjadi pada siapa saja tidak pandang bulu, bisa terjadi pada bayi hingga orang dewasa.

Pada dasarnya, batuk bukanlah sebuah penyakit, batuk hanyalah mekanisme dari pertahanan tubuh tepatnya di saluran pernapasan serta merupakan gejala dari suatu penyakit maupun reaksi tubuh terhadap iritasi yang terjadi di tenggorokan karena banyaknya lendir, asap, makanan atau debu.

Batuk biasanya disebabkan oleh infeksi yang terjadi di saluran pernapasan bagian atas dan merupakan gejala dari flu, batuk juga bisa terjadi karena reaksi alergi dari sesuatu atau ada benda asing yang tidak sengaja masuk ke dalam saluran pernapasan. Berikut ini beberapa jenis obat batuk tradisional yang dinilai efektif untuk mengatasi dan meredakan batuk.

Obat Batuk Tradisional Untuk Anak

Kunyit

obat-batuk-tradisional-bayi-anak-dewasaKunyit merupakan salah satu rempah khas dari Indonesia yang dipercayai sebagai obat batuk tradisional untuk anak. Kunyit memiliki beragam kandungan dan nutrisi alami yang berkhasiat untuk mengobati batuk pada anak, entah batuk yang disebabkan karena radang tenggorokan atau karena udara.

Kandungan kurkumi di dalam kunyit akan membantu mengatasi bakteri juga berperan sebagai anti viral. Anda bisa menyeduh minuman hangat yang ditambahkan dengan sedikit bubuk kunyit untuk kemudian diminumkan pada anak, agar rasanya disukai oleh anak, Anda bisa menambahkan sedikit madu murni di dalamnya.

Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi

Jahe

Siapa yang tidak kenal dengan jahe, selain baik untuk memperkaya rasa masakan, ternyata jahe juga efektif sebagai obat batuk tradisional untuk bayi, anak dan juga orang dewasa. Ini karena jahe memiliki kandungan zat anti bakteri yang sangat baik untuk membantu mengeluarkan lendir atau dahak dan menghangatkan tubuh serta tenggorokan.

Rempah alami ini akan membantu mengobati batuk berdahak yang saat ini sedang Anda rasakan. Buatlah ramuan obat batuk dari irisan jahe serta irisan kencur yang kemudian direbus dengan air secukupnya dan setelah matang air rebusan disaring dan diminum airnya.

Obat Batuk Tradisional Untuk Dewasa

Jeruk nipis

Salah satu bahan alami terbaik yang bisa mengobati batuk adalah jeruk nipis. Jeruk nipis yang dicampur dengan kecap akan menjadi obat efektif untuk mengobati batuk berdahak. Namun apabila anak Anda atau Anda sendiri tidak menyukai kecap, Anda bisa menggantinya dengan madu murni. Minumlah air perasan jeruk nipis yang sudah ditambahkan dengan kecap atau madu murni setidaknya sebanyak 2-3 kali sehari.

Daun sirih

Daun sirih bisa menjadi obat batuk tradisional untuk dewasa yang sangat efektif, terutama untuk Anda yang mengalami batuk berdahak. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dengan air secukupnya dan tambahkan irisan jahe segar, setelah air rebusan matang, saring air rebusan dan minum ramuan obat alami ini dengan rutin hingga batuk Anda benar-benar sembuh.

Kencur

Selain jahe dan kunyit, salah satu rempah alami lainnya yang efektif untuk mengobati batuk adalah kencur. Anda hanya perlu menyiapkan dua ruas jari kencur atau kencur dengan panjang 2 cm yang kemudian ditumbuk atau diparut hingga menjadi lebih halus. Campur halusan kencur ini dengan air matang yang hangat dan peras lalu saring untuk diambil sarinya saja dan buang ampasnya.

Setelah itu, tambahkan satu sendok makan madu murni dan minumkan pada anak Anda yang sedang batuk sebanyak 2-3 kali setiap harinya, apabila rasanya belum cukup manis, Anda bisa menambahkan sedikit jus apel manalagi atau parutan apel manalagi pada ramuan obat batuk tradisional ini.

Related Post

<============================================>
No Response

Leave a reply "Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi, Anak dan Dewasa"